PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI LAJU REAKSI

RIZA PUTRI WAHYUNI, 126212201034 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN WEBSITE WIZER.ME PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning berbantuan Website Wizer.me Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Riza Putri Wahyuni, NIM. 126212201034, dosen pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : E-LKPD interaktif, Problem Based Learning (PBL), Website Wizer.me, Laju Reaksi Perkembangan digital saat ini berkembang secara pesat dan memiliki pengaruh yang signifikan seperti pada aspek pendidikan, hal ini dapat meliputi penggunaan teknologi pada setiap kegiatan pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi ini para pendidik dituntut untuk menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Bahan ajar yang tepat digunakan salah satunya yaitu E-LKPD interaktif yang didalamnya didukung dengan model pembelajaran yang sesuai untuk menunjang media pembelajaran seperti model Problem Based Learning atau pembelajaran yang berbasis pada suatu permasalahan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, sistem pembelajaran yang diterapkan hanya menggunakan media belajar berupa buku paket dan LKPD, padahal sekolah sudah memfasilitasi WiFi untuk seluruh warga sekolah agar dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang belajar secara aktif dan hanya menerima informasi dari pendidik tanpa tambahan dari sumber belajar lain, sehingga menyebabkan pembelajaran kimia dikelas menjadi monoton. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Website Wizer.me pada materi laju reaksi. 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan dari bahan ajar yang telah dikembangkan. 3) menganalisis respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop and Disseminate, namun sampai 3 tahap saja. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-10 SMAN 1 Gondang Tulungagung yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket, dengan instrumen pengumpulan data pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kuantitatif deskriptif dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) produk yang dikembangkan berupa E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Website Wizer.me pada materi laju reaksi dengan model pengembangan Thiagarajan terbatas sampai 3 tahap, 2) E-LKPD interaktif yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata persentase keseluruhan sebesar 90% dengan kategori sangat layak atau valid dari ahli materi dan media, 3) tanggapan atau respon peserta didik secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 83% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Website Wizer.me pada materi laju reaksi yang dikembangkan dinilai layak oleh validator dan sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201034 RIZA PUTRI WAHYUNI
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:29
Last Modified: 01 Aug 2024 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49598

Actions (login required)

View Item View Item