ULFA ANDINI DIAN PAWESTRI, 126211202070 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (939kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PhET Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol” ditulis oleh Ulfa Andini Dian Pawestri, NIM. 126211202070, Pembimbing Nani Sunarmi, S. Si., M. Sc. Kata Kunci : Problem Based Learning, Keaktifan, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan rata-rata siswa tergolong IPA sulit dalam memahami dan menghafal banyak rumus. Dalam pembelajaran digunakan model saintifik, namun kenyataannya proses pembelajaran berbasis model pembelajaran saintifik yang diterapkan guru masih bertumpu pada dominasi guru. Hal ini juga mempengaruhi siswa dalam menentukan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan kurikulum sains. Selain itu, guru tidak mengoptimalkan peralatan laboratorium sekolah, dan jumlah peralatan yang tidak mencukupi untuk melakukan percobaan. Selain itu, sarana komunikasi yang tersedia di sekolah masih sangat terbatas. Dengan itu diharapkan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung PhET akan meningkatkan kinerja dan kemampuan pemecahan masalah siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain non-equivalent control group design dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol yang berjumlah 169 siswa, dan sampelnya adalah 33 siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan 33 siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Observasi kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data uji instrumental penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas untuk pengujian hipotesis, serta uji t dan uji Manova untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan PhET berpengaruh terhadap keaktifan belajar materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Hipotesis dibuktikan dengan nilai hasil pengujian yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMPN 2 Sumbergempol. Hipotesis dibuktikan dengan nilai hasil pengujian yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung PhET berpengaruh terhadap kinerja dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol pada materi getaran dan gelombang. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202070 ULFA ANDINI DIAN PAWESTRI |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:44 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49639 |
Actions (login required)
View Item |