DAMPAK PERNIKAHAN TANPA RESTU ORANG TUA TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI (Studi Kasus Desa Gadungan Kec. Gandusari Kab. Blitar)

IHDA ALFINA ZAHRA, 126102201017 (2024) DAMPAK PERNIKAHAN TANPA RESTU ORANG TUA TERHADAP RELASI SUAMI ISTRI (Studi Kasus Desa Gadungan Kec. Gandusari Kab. Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ihda Alfina Zahra, 126102201017, Dampak Pernikahan tanpa Restu Orang Tua terhadap Relasi Suami Istri (Studi Kasus Desa Gadungan Kec. Gandusari Kab. Blitar), Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H. Asmawi Mahfudz M.Ag. Kata Kunci: Dampak Pernikahan Tanpa Restu, Relasi Suami Istri. Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pernikahan tanpa restu orang tua. Dalam pernikahan bukan hanya tentang mereka yang melakukannya saja namun juga perlu melibatkan kedua orang tua mereka untuk mendapatkan restu. Kenyataanya akan ada orang tua yang tidak selalu memberikan restu pada pernikahan anaknya. Pernikahan tanpa restu dapat memutuskan tali silaturrahmi. Hubungan yang tidak direstui tetapi tetap nekat dipertahankan pasti akan menimbulkan dampak yang tidak baik dari keluarga. Dari permasalahan tersebut lalu bagaimana relasi suami istri pada pasangan yang pernikahannya tanpa restu. Fokus Penelitian adalah: 1) Apa dampak yang ditimbulkan dari pernikahan tanpa restu orang tua bagi pasangan suami istri di Desa Gadungan kec. Gandusari kab. Blitar, 2) Bagaimana Dampak Pernikahan tanpa Restu Orang Tua terhadap Relasi Suami Istri di Desa Gadungan kec. Gandusari kab. Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini memaparkan: 1) Dampak pernikahan tanpa restu orang tua bagi suami istri yaitu hubungan dengan orang tua dan keluarga menjadi renggang, mereka akan menjadi tidak akur dengan orang tuanya maupun dengan keluarganya, dibenci dihina keluarga sendiri, pasangan akan susah membangun kedekatan dengan orang tuanya, Anak-anaknya juga akan sulit dekat dengan kakek neneknya. 2) Dalam rumah tangga pastinya selalu ada permasalahan baik itu dari anak, pasangan, ekonomi, maupun dari orang tua dan itu wajar. Namun yang dibutuhkan yaitu bagaimana cara menyelesaikan maupun memperbaiki masalah tersebut agar tetap terjalin relasi suami istri yang harmonis untuk menuju kehidupan keluarga ideal. Dan itu terbukti yaitu dengan mereka berusaha untuk tetap kuat mempertahankan rumah tangganya dan bekerja keras merubah perekonomiannya untuk membuktikan ke orang tua maupun keluarganya. Dalam psikologi keluarga islam dijelaskan bahwa bahwa relasi suami istri yang harmonis, yang merupakan idaman bagi semua orang tentunya untuk mewujudkannya memerlukan strategi yang disertai dengan kesungguhan, kesabaran, dan keuletan dari suami dan istri. Seperti yang dilakukan oleh pasangan suami istri yang telah diwawancarai yaitu: Senantiasa bersabar saat ditimpa kesulitan, segera bertaubat bila melakukan kesalahan, Saling memberi maaf dan tidak segan untuk minta maaf kalau melakukan kekeliruan, serta mengatasi masalah bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102201017 IHDA ALFINA ZAHRA
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:49
Last Modified: 12 Aug 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49767

Actions (login required)

View Item View Item