MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN 1 Kota Kediri)

AMIGA PUTRI MINANDA, 1880501220049 (2024) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN 1 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya kenaikan kuantitas lembaga pendidikan di Indonesia menyebabkan persaingan antar lembaga pendidikan semakin kompetitif. Setiap lembaga pendidikan berlomba-lomba membangun branding positif di masyarakat agar selalu diminati dan tidak ditinggalkan. Salah satu usaha membangun branding adalah melalui pemasaran lembaga pendidikan. Proses manajemen pemasaran pendidikan dimulai dengan pengelolaan segmentasi pasar, pengelolaan target pasar, dan berakhir dengan pengelolaan positioning pasar. Lembaga pendidikan yang berhasil dalam mengelola manajemen pemasaran akan memenangkan persaingan dimasa yang akan datang. Rumusan masalah pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu rumusan kualitatif dan kuantitatif. Rumusan masalah kualitatif adalah: 1) Bagaimana pengelolaan segmentasi (segmenting) pasar dalam meningkatkan minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 2) Bagaimana pengelolaan target (targeting) pasar dalam meningkatkan minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 3) Bagaimana pengelolaan posisi pasar (positioning) dalam meningkatkan minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri? Sedangkan rumusan masalah kuantitatif sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh signifikan pengelolaan segemntasi (segmenting) pasar terhadap meningkatnya minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 2) Apakah terdapat pengaruh signifikan pengelolaan target (targeting) pasar terhadap meningkatnya minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan pengelolaan posisi (positioning) pasar terhadap meningkatnya minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 4) Apakah terdapat pengaruh signifikan pengelolaan segmenting, targeting, dan positioning pasar terhadap meningkatnya minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri?; 5) Apakah terdapat perbedaan temuan kualitatif dan kuantitatif manajemen pemasaran pendidikan terhadap meningkatnya minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri? Penelitian kuantitatif di olah menggunakan SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan segmentasi pasar dalam meningktakan minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri ditemukan berupa adanya pengelolaan segmentasi demografis, pengelolaan segmentasi geografis, dan pengelolaan segmentasi psikografis; 2) Pengelolaan target pasar di MAN 1 Kota Kediri difokuskan pada PPDBM, target berdasarkan segmentasi demografis, dan terakhir target berdasarkan segmentasi geografis; 3) Penelolaan posisi pasar dalam meningktakan minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri ditemukan ditemukan adanya pengelolaan posisi pasar didasarkan kepada promosi dan pengelolaan posisi pasar berdasarkan produk jasa. Hasil penelitian kuantitatif adalah: 1) Pengaruh segmentasi pasar terhadap minat masyarakat dilihat dari nilai thitung variabel X1 (Segmentasi pasar) dengan variabel Y (minat masyarakat) ttabel (-2,288 < 1,960) maka segmentasi pasar memiliki pengaruh negatif terhadap minat masyarakat. Sedangkan nilai signifikansinya adalah 0,023 < 0,05 maka jika dilihat dari nilai signifikansi terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1 (segementasi pasar) terhadap variabel Y (minat masyarakat. Sedangkan dilihat dari pengujian regresi maka ditemukan variabel segmentasi pasar memiliki pengaruh negatif terhadap minat masyarakat sehingga setiap kenaikan segmentasi pasar maka minat masyarakat menurun sebesar 0,333. Sehingga bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima; 2) Pengaruh target pasar terhadap minat masyarakat dilihat dari nilai thitung variabel X2 (target pasar) dengan variabel Y (minat masyarakat) lebih besar dari pada ttabel (2,904 > 1,960). Sedangkan nilai signifikansinya adalah 0,004 < 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X2 (target pasar) terhadap variabel Y (minat masyarakat). Sedangkan jika dilihat dari hasil regresi ditemukan β2 X2 (nilai koefisien regresi X2) sebesar 0,174 artinya variabel target pasar memiliki pengaruh positif terhadap minat masyarakat sehingga setiap kenaikan target pasar maka akan mempengaruhi minat masyarakat sebesar 0,174. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa terdapat pengaruh pengelolaan target pasar terhadap minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri; 3) Pengaruh pengelolaan posisi pasar terhadap minat masyarakat jika dilihat dari thitung variabel X3 (posisi pasar) dengan variabel Y (minat masyarakat) lebih besar dari pada ttabel (4,043 > 1,960). Sedangkan nilai signifikansinya adalah 0,00 < 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X3 (posisi pasar) terhadap variabel Y (minat masyarakat). Sedangkan jika dilihat menggunakan koefisien regresi ditemukan nilai β3 X3 (nilai koefisien regresi X3) sebesar 0,194 artinya variabel posisi pasar memiliki pengaruh positif terhadap minat masyarakat sehingga setiap kenaikan posisi pasar maka akan mempengaruhi minat masyarakat sebesar 0,194. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa terdapat pengaruh pengelolaan posisi pasar terhadap minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri; 4) Pengaruh pengelolaan segmentasi pasar, target pasar, dan posisi pasar terhadap minat masyarakat dilihat dari haril perhitungan uji f dimana dihasilkan Fhitung sebesar 13,023 dimana jumlah ini lebih besar (>) dari pada Ftabel (2,620) serta taraf signifikans (Sig.) sebesar 0,000 sehingga ini membuktikan lebih kecil (<) alpha (0,05). Sedangkan jika dilihat dari nilai R square ditemukan hasil sebesar 0,508 atau 50,8%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa terdapat pengaruh pengelolaan segmentasi pasar, target pasar, dan posisi pasar terhadap minat masyarakat di MAN 1 Kota Kediri. 5) Terdapat perbedaan temuan kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220049 AMIGA PUTRI MINANDA
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:40
Last Modified: 01 Aug 2024 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49798

Actions (login required)

View Item View Item