KESADARAN DAN PENERAPAN GREEN ACCOUNTING PEMENUHAN PRINSIP ETIKA LINGKUNGAN MELALUI PENGOLAHAN LIMBAH DI LINGKUNGAN PERUSAHAAN (Studi Di PT Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur)

LABIB FAJAR SAPUTRA, 12403183196 (2024) KESADARAN DAN PENERAPAN GREEN ACCOUNTING PEMENUHAN PRINSIP ETIKA LINGKUNGAN MELALUI PENGOLAHAN LIMBAH DI LINGKUNGAN PERUSAHAAN (Studi Di PT Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesadaran Dan Penerapan Green Accounting Sebagai Pemenuhan Prinsip Etika Lingkungan Melalui Pengolahan Limbah Di Lingkungan Perusahaan Di PT Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur”, yang ditulis oleh Labib Fajar Saputra, NIM. 12403183196, pembimbing Dianita Meirini, S.A.,M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi dengan Kondisi lingkungan hidup saat ini yang telah menjadi perhatian utama karena meningkatnya faktor-faktor yang berkontribusi terhadap degradasi lingkungan hidup. Salah satu faktor yang memperparah adalah tidak memadainya akuntansi dalam menilai dampak negatif dari aktivitas perusahaan terhadap lingkungan. Green accounting dianggap penting bagi munculnya etika baru, yaitu etika lingkungan, yang kini telah menjadi prioritas global untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Pada penerapannya, PT Kampung Coklat masih memiliki kendala yang mengakibatkan kurangnya tanggung jawab terhadap isu lingkungan. Penelitian ini mengangkat permasalahan Kesadaran Dan Penerapan Green Accounting Sebagai Pemenuhan Prinsip Etika Lingkungan Melalui Pengolahan Limbah Di Lingkungan Perusahaan Di PT Kampung Coklat Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Permasalahan tersebut juga mendekripsikan beberapa tujuan dalam penelitian ini meliputi 1.) Mendiskripsikan kesadaran lingkungan dan pemahaman konsep green accounting Di PT Kampung Coklat Blitar, 2.) Mendiskripsikan upaya pengolahan limbah yang diterapkan oleh PT Kampung Coklat Blitar, dan 3.) Mendiskripsikan solusi atas kendala dalam penerapan akuntansi hijau pada PT Kampung Coklat Blitar. Pendekatan yang diadopsi untuk penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan Sie. produksi, kepala bagian keuangan, Legal Exim Manage, Seksi Operasional serta masyarakat sekitar PT Kampung Coklat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti Model Miles dan Huberman, yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti pengumpulan data, perangkuman, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1.) Kesadaran lingkungan dan pemahaman konsep green accounting Di PT Kampung Coklat Blitar dapat dikatakan sudah berkomitmen dalam pelestarian lingkungan terutama pada prosedur pengolahan limbah, 2.) Upaya pengolahan limbah yang diterapkan oleh PT Kampung Coklat Blitar telah mengambil tindakan berkelanjutan namun pada penerapan green accounting belum sepenuhnya diterapkan, 3.) Solusi atas kendala dalam penerapan akuntansi hijau pada PT Kampung Coklat Blitar adalah dengan berkolaboarasi dengan pihak terkait lokal, termasuk pemerintah dan organisasi non-pemerintah, telah membantu perusahaan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu keberlanjutan dan merumuskan solusi yang efektif. Kata Kunci : Green Accounting, Pengolahan Limbah, Etika Lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183196 LABIB FAJAR SAPUTRA
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:35
Last Modified: 01 Aug 2024 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49806

Actions (login required)

View Item View Item