PENGARUH AKUNTABILITAS DANA DESA, TRANSPARANSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENNINGKATAN PEMBANGUNAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA (Studi Pada Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek )

SENDI TIA MEISTA, 126403202134 (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS DANA DESA, TRANSPARANSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENNINGKATAN PEMBANGUNAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA (Studi Pada Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek ). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa, Transparansi, Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Peningkatan Pembangunan Infrastrutur Desa” ini ditulis oleh Sendi Tia Meista, NIM. 126403202134, pembimbing Faizal Satria Desitama, S.S.T., M.Acc. Peningkatan pembangunan infrastruktur desa menjadi salah satu faktor penting demi terselenggaranya kemakmuran masyarakat. Peningkatan pembangunan di dukung dengan adanya beberapa aspek penting diantaranya akuntabilitas dana desa, transparansi dari pihak pengelola dana yang dipublikasikan kepada masyarakat, serta adanya partisipasi masyarakat didalamnya. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi penggunaan anggaran berlebih yang tidak tepat sasaran dan juga tercipta adanya keterbukaan serta keterbauran masyarakat desa. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan akuntabilitas dana desa, transparansi, dan partisipasi masyarakat, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan pembangunan infrastrutur desa di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh (sensus) dan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sejumlah 70 responden yaitu perangkat desa dan kelompok masyarakat desa Wonocoyo. Tahap selanjutnya, tahap kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS versi 26 yang berfungsi untuk membuktikan pengujian hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji realiabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regeresi sebagai berikut : Y = 2,694 + 0,297.X1 + 0,305.X2 + 0,341.X3 + e Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa seluruh variabel independen (X1) akuntabilitas dana desa berpengaruh positif terhadap variabel dependen (Y) peningkatan pembangunan infrastruktur desa, (X2) transparansi berpengaruh positif terhadap variabel dependen (Y) peningkatan pembangunan infrastruktur desa, dan (X3) partisipasi masyarakat berpengaruh positif terhadap variabel dependen (Y) peningkatan pembangunan infrastruktur desa. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa variabel X1 akuntabilitas dana desa, (X2) transparansi, (X3) partisipasi masyarakat berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap variabel dependen (Y) peningkatan pembangunan infrastruktur desa. Angka Adjusted R Square sebesar 0,697 menunjukkan bahwa 70% variasi peningkatan pembangunan infrastruktur desa bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 30% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : akuntabilitas, transparansi, partisipasi masyarakat, infrastruktur desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202134 SENDI TIA MEISTA
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:15
Last Modified: 02 Aug 2024 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49995

Actions (login required)

View Item View Item