ADITYA PRATAMA, 126212201021 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF EDPUZZLE BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN NEARPOD PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Edpuzzle Berbasis Discovery Learning Berbantuan Nearpod Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Aditya Pratama, NIM. 126212201021, dosen pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul interaktif, Edpuzzle, Nearpod, Discovery Learning, Laju Reaksi Teknologi digital saat ini berkembang secara pesat dan memiliki pengaruh yang signifikan seperti pada aspek pendidikan, hal ini dapat meliputi penggunaan teknologi pada setiap kegiatan pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi ini para pendidik dituntut untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Media pembelajaran yang tepat digunakan salah satunya yaitu E-Modul interaktif yang didalamnya didukung dengan model pembelajaran yang sesuai untuk menunjang media pembelajaran seperti model Discovery Learning atau pembelajaran yang mendorong peserta didik memunculkan kemampuan kreatif dan berpikir kritis serta kemandirian peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, sistem pembelajaran yang diterapkan hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKPD, padahal sekolah sudah memfasilitasi Wi-Fi untuk seluruh warga sekolah agar dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang minat belajar secara aktif, sehingga menyebabkan pembelajaran kimia dikelas menjadi monoton. Oleh karena itu, perlu dikembangkan E-Modul Interaktif Edpuzzle Berbantuan Nearpod Melalui Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan e-modul interaktif edpuzzle berbasis discovery learning berbantuan nearpod pada materi laju reaksi . 2) mengetahui tingkat kelayakan dari media belajar yang telah dikembangkan. 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media belajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang disarankan oleh Marie Branch yaitu Analyze, Design, Development, Implement and Evaluattion yang di pangkas sampai 3 tahap saja yaitu Analyze, Design dan Development karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-8 SMAN 1 Gondang Tulungagung yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket, dengan instrumen pengumpulan data pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket analisis karakteristik peserta didik, lembar validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Produk yang dikembangkan berupa E-Modul interaktif edpuzzle berbasis discovery learning berbantuan nearpod pada materi laju reaksi dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD, 2) E-Modul interaktif yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata persentase keseluruhan sebesar 84% dengan kategori sangat layak dari ahli materi dan media, 3) Adapun tanggapan atau respon peserta didik secara keseluruhan didapatkan hasil sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul interaktif edpuzzle berbantuan nearpod melalui discovery learning pada materi laju reaksi yang dikembangkan dinilai layak oleh validator dan sangat baik untuk digunakan sebagai media belajar dalam proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201021 ADITYA PRATAMA |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50036 |
Actions (login required)
View Item |