EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN KELUARGA GERAKAN KELUARGA MASLAHAH NAHDLATUL ULAMA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA MASLAHAH (Studi di Kabupaten Tulungagung)

RINDRIANI HANA NURVARADILA, 126102203283 (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN KELUARGA GERAKAN KELUARGA MASLAHAH NAHDLATUL ULAMA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA MASLAHAH (Studi di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Rindriani Hana Nurvaradila, 126102203283, Efektivitas Program Bimbingan Keluarga GKMNU Tulungagung Dalam Mewujudkan Keluarga Maslahah (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung). Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Husnul Haq, Lc., MA. Kata Kunci: Program Bimbingan Keluarga. GKMNU. Keluarga Maslahah. penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa masalah yang terjadi dimasyarakat banyak persoalan2 dinegara kita contohnya di lingkup keluarga, jadi jika keluarga itu baik maka persoalan itu bisa dikurangi contoh seperti kasus yang berada di lingkungan masyarakat seorang anak yang berkelahi dengan keluarga,anak yang hamil diluar nikah, keluarga yang kdrt, dan perceraian. maka kementrian agama melalui satgas GKMNU (Gerakan Keluarga Maslahah Nahdlatul Ulama) telah mengadakan program bimbingan keluarga yang dimaksud dapat memberi pemahaman terhadap masyarakat serta memberi bekal kepada masyarakat tentang bagaimana menciptakan keluarga yang harmonis, sejahtera dan bahagia. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung. Data penelitian didapatkan dari Ketua GKMNU Kabupaten tulungagung, Seksi BIMAIS Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program bimbingan keluarga yang diselenggarakan Kementerian Agama bersama GKMNU (Gerakan Maslahah Nahdlatul Ulama Keluarga) merupakan wujud nyata keinginan Kementerian Agama dalam menjamin pembangunan nasional melalui keharmonisan dalam keluarga, bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam memberikan bekal kepada keluarga. masyarakat tentang bagaimana membangun keluarga sakinah dan memperkuat ketahanan keluarga dengan memenuhi kebutuhan dasar dan sekunder, baik jasmani maupun rohani. Kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan angka perceraian dan menciptakan keluarga bahagia. Ada beberapa cara pelaksanaan program orientasi keluarga GKMNU untuk menciptakan maslahah keluarga, antara lain sosialisasi oleh fasilitator, dan pemberian materi pada acara keagamaan yang bekerjasama dengan GP Ansor dan Muslimat. 2) Dari segi efektivitas bimbingan keluarga dalam pelaksanaannya dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program bimbingan keluarga GKMNU dalam mewujudkan keluarga maslahah. Dalam pelaksanaannya dinilai cukup efektif karena dilakukan secara rutin. Tentu saja hal ini berdampak besar karena tidak semua orang memahami maslahah keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102203283 RINDRIANI HANA NURVARADILA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:28
Last Modified: 06 Aug 2024 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50092

Actions (login required)

View Item View Item