IMPLEMENTASI PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH LAMONGAN DALAM MENGATASI KELANGKAAN SUBSIDI PUPUK BAGI PETANI DITINJAU DARI PERATURAN BUPATI LAMONGAN NOMOR 97 TAHUN 2016 (Studi Kasus Di Desa. Banjargondang Kec. Bluluk Kab. Lamongan)

NOER MUKARROOM PUTRA K., 12103193067 (2024) IMPLEMENTASI PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH LAMONGAN DALAM MENGATASI KELANGKAAN SUBSIDI PUPUK BAGI PETANI DITINJAU DARI PERATURAN BUPATI LAMONGAN NOMOR 97 TAHUN 2016 (Studi Kasus Di Desa. Banjargondang Kec. Bluluk Kab. Lamongan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengawasan Pemda Lamongan Dalam Mengatasi Kelangkaan Subsidi Pupuk Bagi Petani Ditinjau Dari Peraturan Bupati Lamongan Nomor 97 Tahun 2016." Studi Kasus di Desa Banjargondang Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan ini ditulis oleh Noer Mukarrom Putra Kurniawan, NIM. 12103193067, Prodi Hukum Tata Negara, Universitas Islam Negeri Ali Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Ladin S.H.I.,M.H. Kata Kunci: Pengawasan, Pemerintah, Pupuk Bersubsidi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelangkaan pupuk bersubsidi sehingga hal tersebut menimbulkan Pengawasan Pemda Lamongan Dalam Mengatasi Kelangkaan Subsidi Pupuk Bagi Petani Ditinjau Dari Peraturan Bupati Lamongan Nomor 97 Tahun 2016. Oleh karena itu Pengawasan Pemda Lamongan Dalam Mengatasi Kelangkaan Subsidi Pupuk dapat turut andil untuk mengatasi kelangkaan subsidi pupuk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengawasan pemerintah daerah dalam mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi bagi petani di Desa Banjargondang ? 2) Bagaimana Pemantauan pengawasan pemerintah dalam mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi di Desa Banjargondang? 3) Bagaimana pengambilan tindakan pengawasan pemerintah dalam mengatasi kelangkaan pupuk bersubsisi di kabupaten lamongan prespekif Siyasah syar'iyyah? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode empiris/kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengawasan pemerintah dalam mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi di Desa Banjargondang Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan menggunakan indikator pengawasan yaitu 1). Penetapan standar, belum sepenuhnya optimal karena waktu penyaluran pupuk xv bersubsidi masih terkendala dan terdapat dua jenis harga eceran pupuk bersubsidi di kabupaten enrekang. Jika hal tersebut tidak di tindak lanjuti maka kelangkaan pupuk di Desa Banjargondang Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan akan terjadi di masa yang akan datang. 2). Pengawasan pemerintah dalam memantau kelangkaan pupuk bersubsidi di lakukan dengan cara observasi langsung ke setiap pengecer di suatu daerah masing-masing dan gudang tempat penampungan pupuk, yaitu dalam jangka waktu satu kali di setiap bulannya tetapi dengan adanya laporan terkait kelangkaan pupuk bersubsidi maka pemantauan dilakukan dua atau tiga kali perbulannya. 3). pengambilan tindakan, tindakan yang dapat diambil oleh pemerintah pengawas pupuk bersubsidi di Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan dan Dinas Ketahanan, Pangan, Dan Pertanian Kecamatan Bluluk melalui rapat untuk mengatasi kelangkaan. pupuk yaitu berharap kepada petani untuk membeli pupuk Non subsidi dan tidak selalu tergantung ke pupuk bersubsidi demi keberhasilan tanaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Layanan Publik
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193067 NOER MUKARROM PUTRA KURNIAWAN
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:31
Last Modified: 08 Aug 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50416

Actions (login required)

View Item View Item