PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI)

MIFTAKHUL HIDAYAH, 126403201012 (2024) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI)”, ini ditulis oleh Miftakhul Hidayah, NIM. 126403201012, dan dibimbing oleh Firda Zulfa Fahriani, M.Sy. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh perbedaan kepentingan mengenai pengenaan pajak dari sisi pemerintah dengan wajib pajak (perusahaaan). Dari sisi pemerintah pajak ialah sumber penerimaan terbesar, sedangkan bagi wajib pajak (perusahaan) pajak ialah beban yang harus dibayarkan sehingga wajib pajak akan berusaha mengurangi beban pajaknya. Pengurangan beban pajak ini dapat terjadi dengan melalui cara yang legal maupun cara ilergal yang pada akhirnya dapat menimbulkan kasus penghindaran pajak (tax avoidance). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap tax avoidance; (2) Menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap tax avoidance; (3) Menganalisis pengaruh komisaris independen terhadap tax avoidance; (4) Menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial terhadap tax avoidance; (5) Menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap tax avoidance. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, menggunakan data sekunder yang dikumpulkan melalui studi dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar dalam indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan dari tahun 2021‒2023. Sampel terdiri dari 15 perusahaan dengan periode pengamatan 3 tahun dengan total 45 laporan keuangan yang digunakan untuk analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI. Secara parsial, corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahan, Tax Avoidance.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: Miftakhul 126403201012 Hidayah
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:19
Last Modified: 09 Aug 2024 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50460

Actions (login required)

View Item View Item