ANALISIS DAMPAK PENERAPAN ATURAN 5 HARI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 4 KOTA KEDIRI

RIZKA FIKRI NABILAH, 126209202087 (2024) ANALISIS DAMPAK PENERAPAN ATURAN 5 HARI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 4 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan aturan Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2017 tentang lima hari sekolah dalam seminggu. Aturan Lima Hari Sekolah merupakan suatu program baru di Indonesia. Aturan ini diterapkan mulai pada tahun 2017/2018. Peningkatan mutu pada pendidikan salah satunya dengan pembaharuan kurikulum yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah diterbitkan pada Peraturan Nomor 23 Tahun 2017 pada dinas pusat tersebut tentang Hari Sekolah. Hari sekolah yang ditetapkan yakni hari Senin sampai dengan Jumát yang biasa disebut dengan Lima Hari Sekolah. Dengan adanya aturan ini terdapat beberapa dampak positif dan negative yang dirasakan siswa terhadap motivasi belajarnya. Fokus penelitian ini ialah : 1) Seperti apa penerapan aturan lima hari sekolah di SMAN 4 Kota Kediri ? Bagaimana dampak penerapan aturan lima hari sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 4 Kota Kediri?. Selain itu didalam penelitian ini juga terdapat tujuan penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan yang sudah diterapkan selama adanya aturan lima hari sekolah di SMA Negeri 4 Kota Kediri sudah mumpuni, 2) Untuk mengetahui apakah penerapan lima hari sekolah ini sudah mendorong siswa-siswi agar lebih termotivasi dalam kegiatan belajar selama di sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fenomena tentang apa yang terjadi dilapangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Aturan lima hari sekolah dilaksankan mulai hari Senin sampai dengan hari Jum’at, waktu pelaksanaannya mulai jam 07.00 sampai dengan jam 15.00 WIB. Dimana hari Sabtu digunakan untuk istirahat dan bagi siswa yang memiliki kegiatan extrakulikuler disekolah mereka dapat lebih mengasah sesuai bakat di bidangnya masing-masing, 2) Aturan lima hari sekolah yang diterapkan SMAN 4 Kota Kediri memberikan siswa merasa senang karena pada hari Sabtu dan Minggu mereka bisa lebih banyak waktu untuk istirahat dan mengembangkan potensi non-akademik yang dimiliki, 3) Dengan adanya aturan lima hari sekolah ini siswa merasa lelah khususnya pada waktu siang hari. Jam pelajaran yang ditambah membuat mereka sulit menerima jam pelajaran selanjutnya karena merasa lelah dan kurang semangat dalam menerima pelajaran. Belum lagi pulang sekolah sampai dengan sore hari yang mereka rasakan seperti pulangnya orang bekerja. Sehingga motivasi belajar yang mereka rasakan sesuai dengan mood mereka sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202087 RIZKA FIKRI NABILAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:25
Last Modified: 13 Aug 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50608

Actions (login required)

View Item View Item