TINJAUAN JUAL BELI BENIH PADI DENGAN GENGGAMAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar)

RIMBA NOFANDA PUTRA HAYA, 12101183046 (2023) TINJAUAN JUAL BELI BENIH PADI DENGAN GENGGAMAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktik jual beli benih padi dengan genggaman yang terjadi di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar . Dimana dalam praktik jual beli tersebut tidak ada kejelasan dalam ukuran atau atau takaran objek jual beli yang hanya berdasarkan genggaman tangan, karena ukuran tangan setiap orang tidaklah sama ada yang lebar dan ada juga yang kecil, dari hal tersebut pasti tidak akan sama ukurannya dalam pengambilan benih padi siap tanam. Dalam jual beli ini masih adanya kesamaran dalam objek atau barang yang dijual belikan dalam segi ukuran dan takaran, karena jumlah objek yang dijual hanya berdasar perkiraan saja. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian tersebut yaitu: Bagaimana praktik jual beli benih padi dengan genggaman di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar ? Bagaimana tinjauan jual beli benih padi dengan genggaman di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar dalam perspektif Hukum Islam dan Bagaimana tinjauan jual beli benih padi dengan genggaman di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar dalam Fiqh Muamalah?.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian hukum normatif-empiris dimana penelitian yang berdasarkan data primer, yaitu data yang bersumber langsung dari masyarakat sebagai data pertama. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara observasi yang bersifat observasi non-partisipatoris, wawancara, terstruktur dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memilih hal-hal pokok yang diperoleh dari lapangan, kemudian dari data yang diperoleh tersebut selanjutnya membandingkannya dengan teori dan dalil yang ada dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, jual beli benih padi dengan genggaman di jual beli Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar yang dilakukan oleh petani yang kekurangan benih padi siap tanam dengan petani yang menjual benih padi siap tanam. Pada praktiknya penjual hanya menggunakan genggaman tangan sebagai alat untuk mengukurnya, sehingga barang atau objek jual beli tidak diketahui secara jelas takarannya. Praktik jual beli benih padi dengan genggaman yang terjadi di Desa Rejosari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar yaitu telah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli dengan jual beli secara Jizaf. Adapun objek jual beli dengan genggaman tangan, hal itu merupakan kebiasaan yang terjadi di masyarakat yang sudah berlangsung lama dan para petani merasa terbantu. Dengan demikian, praktik jual beli benih padi dengan genggaman diperbolehkan dalam Hukum Islam. Selain itu jual beli benih padi dengan genggaman sudah menjadi kebiasaan masyarkat setempat, setelah penulis melakukan penelitian, kebiasaan atau Urf tersebut merupakan Urf yang ṣaḥiḥ yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan dapat dijadikan sebagai dasar hukum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183046 RIMBA NOFANDA PUTRA HAYA
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:36
Last Modified: 19 Aug 2024 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50676

Actions (login required)

View Item View Item