PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MARMER TULUNGAGUNG

HENDAR DIO ADYANA, 126212202052 (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI IKATAN KIMIA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MARMER TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (882kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Menurunnya minat belajar kimia berhubungan dengan ketersediaan media pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran yang masih terfokus pada media konvensional membuat siswa kurang termotivasi dalam belajar, terlebih lagi pada materi ikatan kimia yang memerlukan visualisasi terhadap konsep-konsepnya. Hal ini dapat terjawab salah satunya melalui inovasi multimedia interaktif yang dapat memuat berbagai jenis media sekaligus. Kemudian, materi ikatan kimia dapat diintegrasikan dengan kearifan lokal Kabupaten Tulungagung yang dikenal dengan kota marmer. Hal ini akan membuat pembelajaran semakin menarik dan bermakna sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi ikatan kimia terintegrasi kearifan lokal marmer Tulungagung (2) menganalisis tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis android pada materi ikatan kimia terintegrasi kearifan lokal marmer Tulungagung berdasarkan validasi ahli dan (3) menganalisis tingkat respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis android pada materi ikatan kimia terintegrasi kearifan lokal marmer Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Model tersebut memiliki tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan awal, lembar validasi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, dan lembar angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap produk. Validasi pada penelitian ini dilakukan oleh 2 validator ahli yang terdiri dari 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Subjek dari penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI-C MIPA SMAN 1 Kauman Tulungagung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil wawancara kebutuhan awal dan saran ahli menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, hasil validasi ahli dan respon siswa menggunakan perhitungan persentase secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini (1) berbentuk multimedia interaktif yang dikembangakan melalui model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D berbantuan aplikasi Microsoft Word, Canva, Corel Draw, ChemDraw, Capcut, Power Point, ISpring Suite, dan Website APK Builder. (2) Produk multimedia interaktif dinyatakan sangat layak oleh validator berdasarkan penilaian aspek materi dengan nilai persentase sebesar 85% dan aspek media sebesar 89%. (3) Hasil respon siswa terhadap multimedia interaktif dapat dikategorikan sangat baik berdasarkan hasil uji respon siswa yang mendapatkan hasil persentase sebesar 87%. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis android terintegrasi kearifan lokal marmer Tulungagung yang dikembangkan dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran pada materi ikatan kimia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202052 HENDAR DIO ADYANA
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:10
Last Modified: 26 Aug 2024 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51164

Actions (login required)

View Item View Item