PENGARUH BIAYA LINGKUNGAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

APRILIA TRIANINGSIH, 12403173055 (2024) PENGARUH BIAYA LINGKUNGAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Biaya Lingkungan, Ukuran Perusahaan, dan Kinerja Lingkungan Terhadap Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)” ini ditulis oleh Aprilia Trianingsih, NIM. 12403173055, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Akuntansi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dyah Pravitasari, S.E., M.S.A. Kerusakan lingkungan telah menjadi masalah yang serius. Salah satu penyebabnya adalah aktivitas pertambangan. Padahal, perusahaan telah diwajibkan untuk bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan yang timbul akibat aktivitasnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan akuntansi manajemen lingkungan pada perusahaan pertambangan ditinjau dari pengaruh biaya lingkungan, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh biaya lingkungan, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan, (2) Pengaruh biaya lingkungan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan, (3) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan, dan (4) Pengaruh kinerja lingkungan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang pengumpulannya melalui purposive sampling. Sampel yang digunakan dibatasi hanya menggunakan data selama periode 2018 sampai 2022. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi data panel, dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak Eviews v.12. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa (1) biaya lingkungan, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan. Kemudian, secara parsial (2) biaya lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan, dan (4) kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan akuntansi manajemen lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bursa Efek
Ekonomi > Kinerja
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403173055 APRILIA TRIANINGSIH
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:36
Last Modified: 21 Aug 2024 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51282

Actions (login required)

View Item View Item