ANALISIS PROGRAM SAFE AND FRIENDLY ENVIRONMENT FOR CHILDREN PERSPEKTIF TEORI KESEJAHTERAAN ANAK (Studi Kasus Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek)

RITA PRATIWI, 126102203303 (2024) ANALISIS PROGRAM SAFE AND FRIENDLY ENVIRONMENT FOR CHILDREN PERSPEKTIF TEORI KESEJAHTERAAN ANAK (Studi Kasus Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Rita Pratiwi, 126102203303, Analisis Program Safe And Friendly Environment For Children Perspektif Teori Kesejahteraan Anak (Studi Kasus Di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing : Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Kata kunci: Program Safe And Friendly Environment For Children, Kesejahteraan Anak Indonesia merupakan negara dengan populasi yang besar dan beragam, dengan lebih dari 273 juta penduduk, namun Indonesia dihadapkan dengan tantangan serius terkait tingginya tingkat perkawinan anak. Dengan lebih dari 10% anak-anak di bawah umur 18 tahun yang menikah, Salah satu daerah yang termasuk dalam tingginya tingkat perkawinan anak adalah Jawa Timur. Trenggalek menjadi salah satu kabupaten yang angka perkawinan anaknya tinggi. Berkenaan dengan hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyusun kebijakan Program Safe and Friendly Environment For Children dan merealisasikan pada tahun 2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi program Safe and Friendly Environmand For Children di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaiaman Implikasi program Safe and Friendly Environment For Children dalam mewujudkan kesejahteraan anak di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana Program Safe and Friendly Environment For Children dalam perspektif Teori Kesejahteraan Anak ? Untuk menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field resert dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa: (1) Program ini menyasar pada 3 subjek yaitu anak, orang tua dan pemerintah desa. Pelaksaan program ini di realisasikan dengan 4 kegiatan yaitu, pencegahan pernikahan dini, 3p, advokasi anak dan deteksi dini kekerasan anak.(2) implikasi dari SAFE4C di kecamatan pule kabupaten Trenggalek adalah menimbulkan kesadaran kepada anak, orang tua dan pemerintah desa tentang bahayanya pernikahan anak dan memberikan kesejahteraan utamanya kepada anak dalam 5 perkara yaitu rasa aman,kesejahteraan, kebebasan, menemukan jati dirinya dan kebahagiaan. (3) program SAFE4C berkesesuain dengan prisip kesejahteraan anak dalam hal kepedulian dalam hal kesehatan mental, akses pendidikan yang layak sesuai hak anak, menjamin keselamatan dan perlindungan anak dalam mencegah kekerasan anak, serta terjaganya harkat dan martabat anak. Hak-hak anak merupakan bentuk hadanah dan bagian dari kewajiban orang tua dalam menjamin kesejahteraan anak. Sama halnya program dengan Safe and Friendly Environmand For Children di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dalam menciptakan kesejahteraan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102203303 RITA PRATIWI
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:38
Last Modified: 21 Aug 2024 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51305

Actions (login required)

View Item View Item