SRIGATI, 126212201003 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI MAN 1 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (198kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi pada Materi Kesetimbangan Kimia di MAN 1 Kediri” ini ditulis oleh Srigati, NIM 126212201003, pembimbing Ali Amirul Mu’minin. M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik (E-Modul), Literasi dan Numerasi, Kesetimbangan Kimia Kemampuan literasi dan numerasi merupakan pengetahuan yang harus dikuasai peserta didik. Berdasarkan data dari PISA, kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Bahan ajar berbasis literasi dan numerasi masih belum tersedia di sekolah, terutama pada mata pelajaran kimia. Maka dari itu dibutuhkan bahan ajar berbasis literasi dan numerasi yang dibutuhkan pada kurikulum merdeka belajar. Salah satu materi pelajaran kimia yaitu kesetimbangan kimia. Kesetimbangan kimia memiliki ciri yaitu mengaplikasikan rumus dan pemahaman konsep. Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, khususnya pada proses belajar mengajar. Oleh karena itu, modul elektronik (e-modul) kimia berbasis Literasi dan Numerasi pada materi Kesetimbangan kimia dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang praktis dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembuatan e-modul pembelajaran berbasis literasi dan numerasi pada materi Kesetimbangan kimia, 2) Mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran berbasis literasi dan numerasi pada materi Kesetimbangan kimia, 3) Mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan emodul pembelajaran berbasis literasi dan numerasi pada materi Kesetimbangan kimia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul. Data dari hasil validasi dan respon dianalisis menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan persentase, kemudian hasil wawancara analisis kebutuhan dan saran dari validator yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi dilakukan oleh 2 ahli media dan ahli materi yang terdiri dari 1 dosen pendidikan kimia dan 1 guru kimia MAN 1 Kediri. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 27 peserta didik kelas XI MIPA 1 di MAN 1 Kediri. Hasil penelitian ini berupa: 1) Modul elektronik (e-modul) berhasil dikembangkan melalui model 4D menggunakan aplikasi Microsoft Word, Canva, dan Flip PDF dengan bermuatan Literasi dan Numerasi pada materi Kesetimbangan kimia. 2) Modul elektronik (e-modul) dinyatakan sangat valid oleh validator dengan mendapat persentase sebesar 95% pada aspek materi, sementara pada aspek media mendapatkan persentase sebesar 100%, 3) respon peserta didik terhadap modul elektronik (emodul) mendapatkan respon kriteria sangat baik dengan dibuktikan hasil persentase rata-rata sebesar 87%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201003 SRIGATI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51329 |
Actions (login required)
View Item |