PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG

MUALFI FAHRUL FANANI, 126201202168 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mts Negeri 7 Tulungagung.” Ini ditulis oleh Mualfi Fahrul Fanani, NIM : 126201202168. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah yang di bimbing oleh Dr. Siti Khoirun Nisak S. Pd. I, M.Pd. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang terlalu monoton, sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Menyebabkan kurangnya respon terhadap materi sehingga hasil belajar siswa yang kurang optimal. Selain itu peneliti menggunakan Metode Pembelajaran mind mapping sendiri adalah cara mengajar yang menyenangkan karena melibatkan keahlian siswa untuk mencatat jadi melatih kerja mata dan otak siswa itu sendiri, informasi dalam bentuk tulisan juga akan memudahkan belajar Al Qur’an Hadis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Adakah Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Minat Belajar Siswa MTs Negeri 7 Tulungagung? 2) Adakah Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 7 Tulungagung? 3) Adakah Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian posttest-only with nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII A berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data : 1) angket, 2) tes. Instrumen angket untuk mengukur minat dan instrumen tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah Independent sample T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Minat Belajar Siswa dengan Nilai Sig (2-Tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Nilai Sig (2-Tailed) 0,003 < 0,05. (3) Terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa dengan Nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202168 MUALFI FAHRUL FANANI
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:02
Last Modified: 22 Aug 2024 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51420

Actions (login required)

View Item View Item