STRATEGI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN MAQASHID AL-SYARIAH (Studi Kasus Distribusi Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar)

UMI FAJAR FAUZIAH, 126101203182 (2024) STRATEGI PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH PRESPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN MAQASHID AL-SYARIAH (Studi Kasus Distribusi Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Umi Fajar Fauziah, 126101203182, Strategi Pendistribusian Zakat Fitrah Prespektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat Dan Maqashid Al-Syariah (Studi Kasus Distribusi Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I. Kata kunci : Pendistribusian Zakat Fitrah, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, Maqashid Al-Syariah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh praktek pendsitribusian zakat yang dilaksanakan di Desa Pojok, dimana beberapa dusun melaksanakan distribusi zakat dengan pembagian secara merata kepada masyarakat setempat. Padahal banyak warga Desa Pojok tergolong mampu dan tidak membutuhkan zakat tersebut. SehinggaTokoh Agama dan Pengurus LAZISNU Desa Pojok memberikan saran agar mekanisme penditribusian zakat di Desa Pojok dapat direkayasa dan sesuai dengan ketentuan syariat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pendistribusian Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana strategi pendistribusian Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dalam prespektif Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat? (3) Bagaimana strategi pendistribusian Zakat Fitrah Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dalam prespektif Maqashid Al-Syariah? Penelitian ini menggunakan metode peneitian kualitatif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah verifikasi data dan penyajian data, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pendistribusian Zakat Fitrah di Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dilaksanakan dengan cara hilah (merekayasa) niat mustahik sebelum mendistribusikan Zakat Fitrah kepada mustahik dan/ warga setempat. Kepemilikan mustahik terhadap beras yang telah didistribusikan oleh warga dialihkan kepada sedekah dan hibah dari mustahik. (2) Strategi yang dilaksanakan di Dusun Pojok tidak sesuai dengan prinsip pasal 25 dan 26 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Sedangkan stratgei yang dilaksanakan di Dusun Kranggan, Sawahan, Talok, Pathuk, Manukan dan Sugihan telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (3) Strategi Pendistribusian Zakat Fitrah di Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar dalam prespektif Maqashid Al-Syariah merupakan bentuk Wasail (prasarana) dalam Mashlahat tingkat ketiga (Tahsiniyyat) yang menyeluruh (‘Ammah). Asumsi terhadap sarana ini tergolong dalam Dhoniyyat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Fiqih > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101203182 UMI FAJAR FAUZIAH
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:23
Last Modified: 26 Aug 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51535

Actions (login required)

View Item View Item