TINJAUAN AKAD MUZARA’AH TERHADAP PRAKTIK KERJASAMA PENGELOLAAN KEBUN JERUK (Studi kasus di Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

FAHRI ARDIANATA, 126101201012 (2024) TINJAUAN AKAD MUZARA’AH TERHADAP PRAKTIK KERJASAMA PENGELOLAAN KEBUN JERUK (Studi kasus di Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (866kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (912kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fahri Ardianata, 126101201012, Tinjauan Akad Muzara’ah Terhadap Praktik Kerjasama Pengelolaan Kebun Jeruk Di Desa Aryojeding, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Ibu Nina Indah Febriana,M.Sy. Kata Kunci: Kerja Sama, Kebun Jeruk, Akad Muzaraah Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya praktik kerjasama pengelolaan kebun jeruk di Desa Aryojeding. Kerjasama pengelolaan kebun jeruk yang dilakukan oleh masyarakat di Aryojeding tidak selalu berjalan mulus. Adakalanya dalam kerjasama pengelolaan lahan kebun jeruk tersebut muncul permasalahan, seperti perselisihan dalam bagi hasil. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang bagaimana kerjasama pengelolaan kebun jeruk di Desa Aryojeding, serta meninjau praktik kerjasama tersebut dalam perspektif akad muzara’ah. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik kerjasama pengelolaan kebun jeruk di Desa Aryojeding? 2) Bagaimana praktik kerjasama pengelolaan kebun jeruk di Desa Aryojeding ditinjau dari akad muzara’ah? Pendekatan yang dilakukan peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian paparan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Praktik kerjasama pengelolaan lahan kebun jeruk ini terletak di Desa Aryojeding. pada pelaksanaan kerjasama pengelolaan lahan kebun jeruk bisa terjadi, dikarenakan pemilik lahan merasa kurang mampu dalam mengelolanya sehingga terjadilah kerjasama dengan petani penggarap. Pada proses akad yang dilakukan hanya secara lisan tanpa adanya surat perjanjian secara tertulis. Proses akad tersebut bisa terjadi karena sudah menjadi kebiasaan saling percaya di masyarakat Desa Aryojeding. Dalam ketentuan sistem bagi hasil dalam kerjasama tersebut ditetapkan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. 2) Praktik kerjasama pengelolaan kebun jeruk di Desa Aryojeding. Dalam pelaksanaannya tersebut menurut akad muzara’ah rukun dan syarat akadnya belum sesuai dengan syarat dan rukun yang di atur oleh hukum Islam (muzara’ah). Karena pelaksanaan sistem bagi hasil yang terjadi mengalami permasalahan wanprestasi hal ini menurut tinjauan akad muzara’ah di larang dan tidak diperbolehkan karena menimbulkan kerugian. Untuk penyelesaian permasalahan tersebut diselesaikan secara damai dengan cara musyawarah kekeluargaan yang di bantu oleh pihak ketiga sebagai mediator.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201012 FAHRI ARDIANATA
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:44
Last Modified: 26 Aug 2024 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51559

Actions (login required)

View Item View Item