STRATEGI PENGELOLAAN DANA KOTAK INFAQ NAHDLATUL ULAMA (KOIN NU) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama Pada Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

EVANY NORZALINA PAMUJI, 126402203186 (2024) STRATEGI PENGELOLAAN DANA KOTAK INFAQ NAHDLATUL ULAMA (KOIN NU) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama Pada Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Dana Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (Koin NU) dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama Pada Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Evany Norzalina Pamuji mahasiswa program studi Ekonomi Syariah, NIM. 126402203186, Pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang kurang mampu di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung terlebih pada daerah pegunungan. Menanggapi hal tersebut LAZISNU MWCNU Kecamatan Kalidawir memberikan respon dengan mendirikan program Koin NU. Melalui program tersebut didapati hasil yang cukup menguntungkan, yang kemudian digunakan sebagai pendanaan untuk mereka yang kurang mampu. Dana tersebut dialokasikan dalam ekonomi produktif dengan memberikan bantuan berupa indukan kambing. Tujuan dari program tersebut sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi guna membawa mereka ke kehidupan yang lebih layak, agar mereka mendapatkan kesejahteraan dalam hidup. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pengelolaan dana Koin Nahdlatul Ulama oleh LAZISNU pada MWCNU Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana kontribusi dana Koin Nahdlatul Ulama terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam mengelola dana Koin NU oleh LAZISNU pada MWCNU Kecamatan Kalidawir dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan memperoleh data primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan perpanjangan waktu pengamatan, meningkatkan ketekukan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Koin NU di Kecamatan Kalidawir berjalan dengan baik dan lancar. Dibuktikan dengan strategi yang digunakan berupa enterprise strategy dengan bentuk kegiatan yaitu pembuatan SOP, menyediakan tim pendamping koin, menyediakan tim auditor, kebijakan pembagian persentase operasioal, dan evaluasi terhadap kinerja jajaran pengurus dan terhadap pemberdayaan ekonomi yang dijalankan melalui indukan kambing. Selain itu, program Koin NU berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan warga yang telah merasakan kontribusi dari dana Koin NU yang berupa bantuan indukan kambing yang dipelihara sehingga mampu memberikan keuntungan kepada mereka. Dengan keuntungan tersebut mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kata Kunci: Strategi, Koin NU, Pemberdayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402203186 EVANY NORZALINA PAMUJI
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:46
Last Modified: 26 Aug 2024 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51560

Actions (login required)

View Item View Item