NUR AMALI UMMAYA, 126203202092 (2024) THE CORRELATION BETWEEN THE FREQUENCY OF WATCHING VIDEO CONTENTS ON TIKTOK AND STUDENTS LISTENING ACHIEVEMENT IN ENGLISH LEARNING OF 8-H GRADE STUDENTS AT MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ummaya, Nur Amali. 2024. The Correlation Between The Frequency of Watching Video Contents on Tiktok and Students Listening Achievement in English Learning Of 8th Grade Students at MTsN 3 Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Dr. H. Muh. Basuni, M.Pd Kata Kunci: Frekuensi, Menonton, Tiktok, Listening Achievement, Penelitian Korelasi Penelitian ini mengkaji untuk menindaklanjuti kelemahan pada penelitian terdahulu dari Nurul huda Ibrahim (2023), tentang student preception of using tiktok for english learning, pada penelitian nya terdapat beberapa kelemahan seperti , kurangnya sampel penelitian yang hanya terdapat 23 responden, dan juga data analisis data yang kurang mendalam pada penelitian tersebut yang hanya fokus pada presepsi siswa, pada penelitiannya juga tidak menjelaskan lebih spesifik tentang pengukuran yang berhubungan dengan penggunaan tiktok dan peningkatan kemampuan belajar siswa, pada penelitian sebulmya juga menunjukkan bahwa siswa menganggap tiktok sebagai alat yang menarik dan efektif untuk belajar bahsa inggris, dengan demikian terdapat asumsi bahwa frekuensi menonton konten video di tiktok dapat memberikan dampak pada pembelajaran bahasa inggris siswa terutama dalam keterampilan mendengarkan. mendengarkan adalah sebuah kemampuan memahami apa yang pembicara sedang katakan, dalam mendengarkan memerlukan audio atau audio-visual untuk melati kecakapan, ketepatan, dan juga pemahamannya dalam mendengarkan, dalam hal ini aplikasi tiktok adalah salah satu media audio visual yang sering kali dijadikan sebagai media pembelajaran guru ataupun siswa terutama dalam pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan skill siswa dalam mendengarkan selama masa pandemi covid-19, Tiktok adalah aplikasi video music media social untuk android dan ios, yang di luncurkan pada tahun 2016 oleh zhang yiming , sebuah Perusahaan asal tiongkok , aplikasi ini digunakan untuk membuat video pendek seperti berbagi music pendek. Komedi, lypsink, video talenta, video pembelajaran, dll. Tujuan penelitian ini tentunya untuk menjawab pertanyaan penelitian tentang: adakah hubungan antara frequency menonton video konten di tiktok dengan pencapaian mendengarkan siswa dalam Pelajaran Bahasa inggris, penelitian ini di lakukan di kelas 8-H MTsN 3 Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 dengan 35 siswa sebagai populasi dan sample penelitian yang menggunakan Teknik non probability yakni, Teknik sample purposive. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi, instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisoner dan tes, kuisoner digunakan untuk mengukur Frequency of watching video content on tiktok, sedangkan test digunakan untuk mengukur Listening Achievement, untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan analisis pearson product moment correlation. Ditemukan Hasil perhitungan analisis data korelasi bahwa nilai yang di hasilkan pearson correlation adalah 0.240 yang berati ada korelasi yang positif antara frekuensi siswa menonton video konten di tiktok dan pencapaian listening mereka dalam pembelajaran bahasa inggris dan nilai signifikan menunjukkan 0.165 yang berar ti nilai lebih besar daripada 0.05 berdasarkan hal ini diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) di terima dan hipotesis null (H0) ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara frekuensi siswa dalam menonton video content di tiktok dan pencapaian mendengarkan mereka pada siswa kelas 8H di MTsN 3 Tulungagung, hubungan antara frekuensi menonton video content di tiktok dan pencapaian listening dalam pembelajaran bahasa inggris mereka memiliki kekuatan hubungan yang rendah dan memiliki arah hubungan yang positif, berdasarkan dari hasil penelitian ini, video content berbahasa inggris di tiktok dapat menjadi alternatif media untuk meningkatkan pencapaian mendengarkan murid baik di saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran akan tetapi hubungan tersebut masuk dalam kategori rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | 126203202092 NUR AMALI UMMAYA |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:57 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51687 |
Actions (login required)
View Item |