PERSAINGAN INDUSTRI GENTENG TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

ISMA YANUAR QORI’ FITRIADI, 126101202111 (2024) PERSAINGAN INDUSTRI GENTENG TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH DAN UNDANG UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Isma Yanuar Qori’ Fitriadi, NIM. 126101202111, “Persaingan Industri Genteng Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Ditinjau dari Fikih Muamalah dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Studi Kasus Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)” Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Abd Khair Wattimena, M.H. Kata Kunci: Persaingan Industri, Fikih Muamalah, UU nomor 5 tahun 1999 Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan industri genteng salah satunya di desa Sukrejo sebagai peran penting pembangungan ekonomi dan pertumbuhan kemampuan usaha. Pengecualian bagi usaha kecil yang ditinjau dari Undang-undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dikarenakan industri genteng ini termasuk UMKM yang tidak memiliki kemampuan yang kuat untuk bersaing dengan pelaku usaha besar. Tujuan penlitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persaingan industri genteng terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Sukorejo, (2) Untuk mengetahui keadaaan persaingan para usaha di industri genteng terhadap penyerapan tenaga kerja ditinjau dari UU Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, (3) Untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap persaingan industri genteng dalam penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara dan pengamatan yang dilakukan dilokasi penelitian. Teknik analisis data dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan industri genteng memberikan dampak positif seperti mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan industri. Dengan demikian, pemberi kerja harus dapat membayar tenaga kerjanya selama masa kerja masih berlangsung hal ini diperkuat pada hukum Republik Indonesia No. 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan tidak adil kompetisi usaha dimana sentralisasi kekuatan ekonomi adalah penguasaan pasar secara nyata satu atau lebih pelaku usaha, yang memungkinkan mereka menentukan harga suatu barang dan atau jasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202111 ISMA YANUAR QORI' FITRIADI
Date Deposited: 04 Sep 2024 17:38
Last Modified: 04 Sep 2024 17:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51709

Actions (login required)

View Item View Item