LYANDA FARRAH AGISTIA, 126403203192 (2024) IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DALAM PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA MELALUI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE) PADA BAGIAN PEREKONOMIAN DAN SUMBER DAYA ALAM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pada Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Lyanda Farrah Agistia, NIM 126403203192, pembimbing Fia Rahma, S.E., M.S.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pengadaan barang dan jasa di sektor publik yang sering kali dihadapkan pada tantangan seperti kurangnya transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi. Pemerintah Kabupaten Kediri, melalui Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah, telah mengadopsi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. LPSE diharapkan mampu mendukung implementasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) yang lebih baik, dengan tujuan meningkatkan keandalan dan integritas proses pengadaan. Penerapan SPIP dalam konteks LPSE di Kabupaten Kediri menjadi fokus penting untuk memastikan bahwa prosedur pengadaan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, serta untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi sistem pengendalian internal pemerintah dalam proses pengadaan barang/jasa melalui LPSE pada Bagian Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri. Mendeskripsikan hasil analisis implementasi sistem pengendalian internal pemerintah dalam proses pengadaan barang/jasa melalui LPSE pada Bagian Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan diolah secara sistematis sehingga dapat diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem pengendalian internal dalam proses pengadaan barang dan jasa melalui LPSE pada Bagian Perekonomian dan SDA telah berjalan dengan baik pada sebagian besar indikator yang dianalisis. Namun, masih terdapat kelemahan dalam hal identifikasi dan analisa risiko, pengembangan aktivitas pengendalian yang spesifik, dan penerapan pengendalian melalui kebijakan dan prosedur tertulis yang belum optimal. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, diperlukan penguatan dalam identifikasi dan analisis risiko, pengembangan aktivitas pengendalian, serta penyusunan dan penerapan kebijakan dan prosedur yang lebih rinci dan efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akuntansi Syariah Layanan Publik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | 126403203192 LYANDA FARRAH AGISTIA |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 15:12 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 15:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51833 |
Actions (login required)
View Item |