PERAN ISTRI DALAM PEREKONOMIAN KELUARGA MELALUI PROGRAM BOOTCAMP PEREMPUAN HEBAT DITINJAU DARI MAQASID SYARI’AH DAN TEORI FEMINISME (Studi Kasus Kabupaten Trenggalek)

CICA WIDYA ASTUTI, 126102203282 (2024) PERAN ISTRI DALAM PEREKONOMIAN KELUARGA MELALUI PROGRAM BOOTCAMP PEREMPUAN HEBAT DITINJAU DARI MAQASID SYARI’AH DAN TEORI FEMINISME (Studi Kasus Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cica Widya Astuti, 126102203282, Peran Istri dalam Perekonomian Keluarga Melalui Program Bootcamp Perempuan Hebat Ditinjau dari Maqasid Syari’ah dan Teori Feminisme (Studi Kasus Kabupaten Trenggalek), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif. M.H.I. Kata kunci: Feminisme, Peran Istri, Program Bootcamp. Program Bootcamp Perempuan Hebat adalah program pemerintah Kabupaten Trenggalek yang melibatkan kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan dan pendampingan yang instensif. Program ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan gender dan meningkatkan potensi serta kemandirian perempuan secara signifikan. Dengan adanya program tersebut selanjutnya akan dianalisis menggunakan hukum Islam dan teori feminisme. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran istri dalam perekonomian keluarga melalui Program Bootcamp Perempuan Hebat di Kabupaten Trenggalek ditinjau dari maqasid syari’ah? (2) Bagaimana apersiasi suami terhadap istri dalam memajukan perekonomian keluarga melalui Program Bootcamp Perempuan Hebat di Kabupaten Trenggalek ditinjau dari teori feminisme? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berupa penelitian lapangan yang meneliti suatu peristiwa menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengetahui fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam mengecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran istri dalam keluarga menjadi lebih aktif melalui Program Bootcamp Perempuan Hebat sehingga dapat membantu suami untuk mencari nafkah dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan memastikan pendidikan anak terpenuhi serta mengelola harta dengan bijaksana sesuai dengan prinsip maqasid syari’ah. (2) Apresiasi suami terhadap istri dalam memajukan perekonomian keluarga melalui Program Bootcamp Perempuan Hebat menciptakan lingkungan yang hangat dan mendukung pertumbuhan bersama sebagai pasangan dan keluarga. Dari sudut pandang feminisme tindakan ini merupakan langkah menuju kesetaraan gender dan penghapusan batasan tradisional terkait peran gender dalam masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102203282 CICA WIDYA ASTUTI
Date Deposited: 04 Sep 2024 16:22
Last Modified: 04 Sep 2024 16:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51999

Actions (login required)

View Item View Item