PERAN KARANGTARUNA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PEMUDA DESA TERHADAP KESADARAN BERNEGARA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL RI NO. 25 TAHUN 2019 TENTANG KARANGTARUNA ( Studi Kasus Desa Boyolangu )

MUHAMMAD FARIS PUTRA PRASETYA, 12103193140 (2024) PERAN KARANGTARUNA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PEMUDA DESA TERHADAP KESADARAN BERNEGARA BERDASARKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL RI NO. 25 TAHUN 2019 TENTANG KARANGTARUNA ( Studi Kasus Desa Boyolangu ). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (596kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran karangtaruna dalam Membangun Potensi Pemuda Desa Terhadap Kesadaran Bernegara Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No. 25 Tahun 2019 Tentang Karangtaruna” ini ditulis oleh Muhammad Faris Putra Prasetya NIM 12103193140. Pembimbing Amrin Nurfieni, S.St, M.H. NIP. 198901092019032015. Kata Kunci :Peran Karangtaruna, Potensi Pemuda Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemuda yang pada zaman sekarang ini melalaikan tanggung jawab dalam menjalankanfungsinya untuk kesejahteraan sosial, penyelenggara pendidikan pelatihan bagi masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat, sehingga perlu adanya peran yang menaungi pemuda sehingga dapat membangun potensi pemuda desa yang sadar hidup bermasyarakat dan bernegara. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Karangtaruna Dikabupaten Tulungagung dalam mengembangkan potensi pemuda desa dalam sektor Bernegara? 2) Bagaimana hambatan karangtaruna dalam mengembangkan potensi pemuda desa terhadap kesadaran bernegara? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis peran dan hambatan karangtaruna dikabupaten Tulungagung dalam mengembangkan potensi pemuda desa dalam sektor bernegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran karangtaruna dalam mengembangkan potensi pemuda desa Boyolangu yaitu peran aktif seperti mengadakan pelatihan kepemimpinan dan pelaksanaan reorganisasi kepengurusan karangtaruna, dalam bidang agama seperti pelaksanaan yasin tahlil keliling disetiap malam jumat, dan pelakasanaan sholawat, barzanji dan pengajian setiap bulannya, serta perayaan ketupatan masal di sepanjang jalan desa Boyolangu, kemudain kegiatan olahraga yang dilakukan yaitu sepak bola dan bola voli disore hari setiap minggunya serta selalu mengadakan turnamen bola voli dan sepakbola di kabupaten Tulungagung. kemudian peran partisipatif dalam penampilan kesenian dan karnafal pada peringatan HUT RI 17 Agustus yang diselenggarakan oleh desa dengan menampilkan jaranan, reog gendang dan juga tiban. 2) Penghambat kegiatan dalam membangun potensi pemuda desa terhadap kesadaran bernegara berdasarkan peraturan menteri yang menjadi penghambat dalam setiap organisasi terkadang berasal dari internal sendiri yaitu seperti halnya keaktifan anggota. Dan hal tersebut dapat teratasi dengan adanya re Organisasi yang mana pergantian kepengurusan karangtaruna terus berjalan sehingga menghasilkan calon kader kader pemuda yang memiliki jiwa nasionalisme dalam membangun potensi pemuda di desanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193140 MUHAMMAD FARIS PUTRA PRASETYA
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:21
Last Modified: 11 Sep 2024 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52498

Actions (login required)

View Item View Item