PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X Di SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

FINGKI HARIYANA, 126208203100 (2024) PENGEMBANGAN MODUL PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X Di SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan modul berbasis Problem Based Learening (PBL) materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup ini dilatar belakangi oleh nilai siswa yang cukup dari KKM dan kurangnya media belajar yang digunakan siswa. Sehingga siswa kesulitan dalam menerima pelajaran dengan baik. Terbatasnya materi dengan bahan ajar membuat hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa modul dengan desain menarik yang dilengkapi dengan gambar beserta contoh permasalahan dalam kehidupan nyata, dengan harapan dapat mempermudah siswa mempelajari materi dengan baik dan memberikan solusi terhadap masalah yang diberikan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research & Development) Borg and Gall yang dimodifikasi yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) validasi ahli 5) revisi produk 6) uji coba lapangan 7) revisi produk 8) implementasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan meliputi statistic deskriptif dengan metode persentase untuk menganalisis data angket dan statistic parametrik uji- t. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Hasil uji kevalidan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) dilakukan oleh 2 validator yaitu dosen ahli materi dan ahli media, yang dibuktikan dengan hasil validasi sebesar 91.2% masuk dalam katergori 76-100 dinyatakan valid dan tidak revisi. 2) Hasil kepraktisan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) dilakukan oleh guru dan siswa memperoleh penilaian sebesar 88% dan 79 dalam 76-100 dinyatakan kategori praktis dan tidak revisi. 3) Hasil keefektifan modul perubahan dan pelestarian lingkungan hidup berbasis problem based learning (PBL) dari uji paired sampel T- test dengan menggunakan SPSS Statistik 26 dibuktikan nilai kurang dari 0.05 atau sig 0.000< 0.05 sehingga hipotesis

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203100 FINGKI HARIYANA
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:36
Last Modified: 04 Sep 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52513

Actions (login required)

View Item View Item