PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA

AGUNG LAKSONO, 126212202080 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Laksono, Agung. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multipel Representasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi, Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing oleh Naimatul Khoiroh, S.Si, M.Si. Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Kurikulum Merdeka, Multipel Representasi, Hukum Dasar kimia Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) termasuk salah satu media yang digunakan sebagai pengoptimalan keterlibatan atau aktivitas dari peserta didik dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran peran media seperti Lembar Kerja Peserta Didik sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa paham peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan. Selain itu, dengan adanya LKPD dapat membantu guru mencapai tujuan pembelajaran di kelas. Penggunaan media pembelajaran LKPD berbasis multipel representasi dapat menunjang pemahaman konsep bagi peserta didik pada materi yang akan diajarkan salah satunya yakni pada mata pelajaran kimia. Hukum dasar kimia merupakan sub-bab dalam kimia yang terdapat penggabungan konsep reaksi kimia yang bersifat simbolik dan perhitungan matematika, sehingga diperlukan cara berpikir dan analisis yang tinggi untuk membangun serta mengaitkan konsep hukum yang diberikan. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran berbasis multipel representasi untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LPKD, mendeskripsikan tingkat kelayakan dan, (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multipel representasi pada materi hukum dasar kimia kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model pengembangan 4D namun dimodifikasi hanya sampai tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan angket, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Media pembelajaran ini divalidasi oleh satu dosen Tadris Kimia dan dua pendidik kimia SMAN 1 Kepohbaru Bojonegoro. Selanjutnya, uji respon media oleh peserta didik kelas X-4 SMAN 1 Kepohbaru Bojonegoro yang berjumlah 33 peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang diteliti menggunakan dua jenis yaitu skala guttman untuk angket kebutuhan dan karakteristik peserta didik sedangkan skala likert sebagai analisis lembar validasi ahli dan tanggapan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) telah berhasil dikembangkan media pembelajaran dengan 3 tahapan yaitu define, design, develop menggunakan basis multipel representasi dengan menggunakan aplikasi seperti Microsift Word, Canva, dan Chemdraw. (2) hasil validasi ahli materi maupun ahli media terhadap LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 84% dengan kriteria sangat baik. (3) hasil respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 78% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil uji validasi para ahli dan respon peserta didik, media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dikelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202080 AGUNG LAKSONO
Date Deposited: 04 Sep 2024 17:04
Last Modified: 04 Sep 2024 17:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52638

Actions (login required)

View Item View Item