PENGEMBANGAN E-BOOKLET KIMIA BERBASIS ETNOSTEAM BATIK TULUNGAGUNG PADA MATERI ILMU KIMIA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

TIA YUSVITANINGTIAS, 126212201020 (2024) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KIMIA BERBASIS ETNOSTEAM BATIK TULUNGAGUNG PADA MATERI ILMU KIMIA DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan E - Booklet Kimia Berbasis Etno-STEAM Batik Tulungagung pada Materi Ilmu Kimia dan Peranannya dalam Kehidupan Sehari-Hari” tersebut telah ditulis oleh Tia Yusvitaningtias, NIM 126212201020, Dosen Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: E-Booklet (Booklet Elektronik), Etno-STEAM, Batik, Ilmu Kimia dan Peranannya Permasalahan yang dialami siswa salah satunya yaitu keterbatasan bahan ajar di sekolah yaitu belum dapat memvisualisasikan materi dengan bantuan video dan gambar serta siswa yang belum mengetahui hubungan antara budaya dengan pembelajaran kimia. Dalam kurikulum merdeka pembelajarannya lebih ditekankan yaitu pembelajaran yang dikaitkan dengan budaya. Isu terbaru mengenai budaya yang dapat diorientasikan dengan pembelajaran yaitu etno-STEAM batik Tulungagung. Oleh karena itu, pengembangan ini bentuk inovasi karena memuat salah satu budaya yang ada di Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses mengembangkan e-booklet yang berbasis etno-STEAM batik Tulungagung pada materi ilmu kimia dan peranannya (2) tingkat kelayakan dari pengembangan e-booklet berbasis etno-STEAM batik Tulungagung pada materi ilmu kimia dan peranannya, dan (3) mengetahui tingkat respon siswa terhadap pengembangan e-booklet berbasis etnoSTEAM batik Tulungagung pada materi ilmu kimia dan peranannya. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D namun oleh Thiagarajan dimodifikasi menjadi 3D. Tahapan model tersebut yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji tingkat kelayakan produk dan angket respon siswa mengetahui respon pada produk tersebut. Validasi dilakukan pada 2 validator ahli yang terdiri dari 1 dosen kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Campurdarat. Subjek penelitian ini menggunakan 28 siswa pada kelas X-A1 di SMAN 1 Campurdarat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini (1) berbentuk e-booklet yang dikembangakan dengan model 4D modifikasi 3D berbantuan aplikasi Microsoft Word, Canva, ChemDraw, CapCut, dan Heyzine.com. (2) Produk e-booklet dinyatakan sangat layak oleh validator, berdasarkan penilaian tersebut dirinci sebagai berikut: aspek materi memperoleh persentase sebesar 85,43% dan aspek media 88,88%, apabila dirata-rata memperoleh hasil validasi sebesar 87,15% (3) Hasil respon siswa terhadap e-booklet ini yaitu memperoleh persentase sebesar 82,86% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, e-booklet yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Kimia
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201020 TIA YUSVITANINGTIAS
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:16
Last Modified: 06 Sep 2024 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52832

Actions (login required)

View Item View Item