RINDA FATUL SYNTIA, 126206202056 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PENGENALAN BANGUN DATAR MELALAUI APLIKASI CANVA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PKK WONOANTI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pengenalan Bangun Datar melalui Aplikasi Canva untuk Anak Usia Dini di TK PKK Wonoanti” ini ditulis oleh Rinda Fatul Syntia, NIM. 126206202056, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bangun Datar, Aplikasi Canva Pembelajaran di jenjang anak usia dini idealnya menggunakan media yang kongkret, menarik dan bervariasi. Namun, dalam praktiknya terdapat beberapa lembaga yang masih menggunakan media yang kurang menarik dan tidak variative. Penelitian ini mencoba mengembangkan sebuah media yang awalnya hanya mengguna buku saja. Media ini dibuat berbasis internet yang mudah diakses oleh pendidik ataupun orangtua, media ini menggunakan gambar yang kongkrit dan pemilihan warna yang bervariasi sehingga menarik perhatian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan Pengembangan Media Pengenalan Bangun Datar melalui Aplikasi Canva untuk Anak Usia Dini, bagaimana penerapan Pengembangan Media Pengenalan Media dari yang awalnya hanya menggunakan buku saja menjadi media yang berbasis digital di TK PKK Wonoanti. 2. Mendeskripsikan kelayakan media pengenalan bangun datar melalui aplikasi canva di TK PKK Wonoanti. Model RnD digunakan untuk penelitian ini. Peneliti menggunakan Model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis (Analisis), Design (Desain/Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Model Pengembangan Media Pengenalan diperlukan untuk mengembangkan media pembelajaran secara efektif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi RPPH di TK PKK Wonoanti, desain produk yang diperbarui dengan produk baru yang lebih menarik, validasi desain oleh para ahli, revisi desain sesuai dengan kritik penguji, uji coba produk yang telah diubah, uji coba pemakaian, revisi, dan penerapan media. Terlebih dahulu, penelitian ini menyelidiki media lama yang digunakan di TK PKK Wonoanti. Hasil dari penelitian dan Pengembangan Media Pengenalan ini adalah proses analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 1. Proses ini dimulai dengan analisis kinerja, analisis tujuan pembelajaran, analisis karakteristik siswa, dan analisis kebutuhan. 2. Selanjutnya, strategi pembelajaran dirancang, tujuan pembelajaran dirumuskan, menyusun tes, storyboard dirancang, membuat modul ajar, pembuatan produk, dan validasi oleh para ahli dilakukan. 3. Pengembangan media disesuakan dengan kebutuhan siswa kelas B TK PKK Wonoanti yang membutuhkan media bervariatif. Menurut hasil validasi, ahli media memperoleh skor sebesar 75 dan presentase rata-rata sebesar 93%, dan ahli materi memperoleh skor sebesar 84 dan presentase rata-rata sebesar 98% dalam kategori "Valid/Layak digunakan".
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202056 RINDA FATUL SYNTIA |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52863 |
Actions (login required)
View Item |