STRATEGI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM PANCA HIDAYAH KALIDAWIR TULUNGAGUNG

KARINA FATIMATUS ZAHRO', 126201202119 (2024) STRATEGI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM PANCA HIDAYAH KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembiasan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung” yang ditulis oleh Karina Fatimatus Zahro' NIM 126201202119, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, Pembiasaan Kegiatan Keagamaan, Pembentukan Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya krisis karakter yang melibatkan anak-anak sekaligus peserta didik saat ini sudah sangat nyata dan mengkhawatirkan. Misalnya maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, bullying, bertambahnya kasus pergaulan bebas, pornografi, pemerkosaan, perampasan hak milik orang lain, pencurian remaja, penyalahgunaan obat-obatan, telah menimbulkan masalah sosial yang belum teratasi secara tuntas hingga saat ini. Tidak hanya itu, di lembaga pendidikan sendiri tidak jarang terjadi berbagai problem pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas, datang terlambat, menyontek, membolos dan ketidak patuhan peserta didik pada guru Dengan adanya program penguatan karakter di sekolah masih menjadi sesuatu yang sangat relevan untuk mengatasi berbagai problem moral yang tampak semakin akut karena melanda berbagai lapisan generasi bangsa sehingga pendidikan agama yang ada di sekolah idealnya senantiasa eksis dan berkontribusi pada terbentuknya semangat religius yang terinternalisasi ke dalam diri peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuhur berjamaah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan mengaji kitab kuning dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung? (4) Bagaimana Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan ziarah makam pendiri dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada teknik pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Selanjutnya untuk tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap akhir penelitian. Hasil penelitian ini menggambarkan: (1) Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung adalah dengan melaksanakan pembiasaan dengan tepat waktu secara rutin dan konsisten serta guru memberikan contoh dan pengarahan dengan penuh kesabaran dan ketlatenan menjadikan peserta didik disiplin waktu, mengerti tata cara, manfaat dan keutamaan shalat dhuha sehingga peserta didik senantiasa mengamalkan sunah-sunah agama Islam. (2) Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan shalat dhuhur berjamaah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung adalah dengan mengarahkan peserta didik dengan penuh kesabaran dan ketlatenan membiasakan peserta didik untuk melaksanakan shalat berjamaah, menjadikan peserta didik untuk shalat tepat waktu dan tidak meninggalkan kewajibannya. (3) Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan mengaji kitab kuning dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung adalah dengan mengarahkan peserta didik untuk disiplin mengikuti kegiatan dan memberikan pembinaan dengan cara meriviuw materi menjadikan pribadi yang memiliki adab dan sikap tawadhu’, sopan santun dan meningkatkan semangat peserta didik dalam mencari ilmu. (4) Strategi pembiasaan kegiatan keagamaan ziarah makam pendiri dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Islam Panca Hidayah Kalidawir Tulungagung adalah dengan mengunjungi makam pendiri dengan mengenang perjuangan dan jasa-jasa pendiri sebagai bentuk keteladanan bagi peserta didik menjadikan peserta didik untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, membiasakan peserta didik untuk selalu mendoakan, mengenang dan menghormati orang yang sudah meninggal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202119 KARINA FATIMATUS ZAHRO'
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:53
Last Modified: 09 Sep 2024 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53016

Actions (login required)

View Item View Item