AYU JULIKAH, 2814133025 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI ALGEBRATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG KELAS VIII. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Media Aplikasi Algebrator, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa adalah salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Matematika yang selama ini dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Pemilihan media pembelajaran yang menarik dan tepat sesuai dengan materi pembelajaran, dapat menjadi salah satu alternative guru dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa, seperti dalam penelitian ini peneliti menggunakan media aplikasi Algebrator pada materi Persamaan Garis Lurus. Karena, Algebrator adalah salah satu aplikasi Matematika yang sangat tepat digunakan dalam penyelesaian masalah terkait Aljabar, seperti materi Persamaan Garis Lurus. Salah satu kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi matematika lain yaitu, adanya langkah demi langkah proses peneyelesaian masalah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi Algebrator terhadap hasil belajar siswa materi Persamaan Garis Lurus MTs Darul Hikmah Kelas VIII. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi Algebrator terhadap motivasi belajar siswa materi Persamaan Garis Lurus MTs Darul Hikmah Kelas VIII. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media aplikasi Algebrator terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi Persamaan Garis Lurus MTs Darul Hikmah Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenisnya adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Tawangsari pada kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peneliti memberikan post-tes sebanyak 5 soal uraian, dan tahap yang terakhir untuk mengetahui peningkatan motivai belajar siswa peneliti memberikan angket yang berisi 30 pernyataan. Setelah data terkumpul peneliti melakukan analisis data dengan uji t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media aplikasi Algebrator terhadap hasil Belajar, hal ini dibuktikan dengan rata-rata perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen 72,58 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 57,14 selain itu menunjukan adanya pengaruh penggunaan media aplikasi Algebrator terhadap motivasi belajar siswa pada yang dibuktikan dengan rata-rata nilai angket kelas eksperimen lebih tinggi 96,03 dari pada kelas kontrol 91,68. Selain itu dari uji statistik MANOVA di peroleh nilai F_hitung (6,038)> F_tabel (1,884), hal ini menunjukan bahwa kedua variabel, yaitu hasil belajar dan motivasi belajar siswa saling berpengaruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133025 AYU JULIKAH |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 02:31 |
Last Modified: | 05 Jul 2017 02:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5304 |
Actions (login required)
View Item |