IKLAN DAN REPRESENTASI GENDER

FATDKU RIZKIA ARAHMA, 12305193141 (2023) IKLAN DAN REPRESENTASI GENDER. [ Skripsi ]

[img] Text
IKLAN DAN REPRESENTASI GENDER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Produksi iklan yang dilakukan oleh produsen mengimplementasikan konsep gender salah satunya pada iklan Auteentic Emina Bright Stuff-30s dan iklan Men’s Biore dengan judul “Jadi Cowok Harus Pantang Ciut dan #SiapTampil Awesome” kata Al Ghazali. Konsep ini digiring melalui media, yang mana media memiliki kuasa dalam penggiringan opini masyarakat. Masyarakat yang mudah tergoda oleh iklan menjadikan iklan sebagai pihak penggiringan konsep baru, salah satunya standar kecantikan. Standar yang dibentuk oleh iklan memunculkan konsep gender yang bisa jadi merugikan pihak lain. Pihak lain tersebut yakni tidak memenuhi apa yang telah disampaikan iklan, misalnya tidak memenuhi standar kecantikan baik di kalangan laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana representasi gender pada iklan Emina Bright Stuff dan Men’s Biore dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dan teori representasi Stuart Hall. Melalui analisa semiotika, produsen memproduksi sebuah ideologi kecantikan yaitu cantik dimaknai sebagai putih, bersih dan cerah, tidak kusam dan tidak berminyak. Kata Kunci: Representasi, Gender, Emina, Biore Men’s

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam > Iklan
Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193141 FATDKU RIZKIA ARAHMA
Date Deposited: 22 Sep 2024 07:25
Last Modified: 22 Sep 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53107

Actions (login required)

View Item View Item