IMPLEMENTASI LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN ISAK 35 (INTERPRETASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN) PADA YAYASAN PENDIDIKAN TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

YULIA ALFI RAHMATIN, 126403202095 (2024) IMPLEMENTASI LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN ISAK 35 (INTERPRETASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN) PADA YAYASAN PENDIDIKAN TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (361kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaporan keuangan pada Yayasan Pendidikan Tarbiyatussibyan Tanjung yang masih disajikan secara sederhana yang menggunkan Petunjuk Teknis Dana Bos, serta hanya berbentuk buku kas umum, buku pembantu kas, buku pembantu bank, serta buku pembantu pajak. Sehingga laporan keuangan lembaga masih kurang mencerminkan akuntabilitas dan transparansi. Penggunaan dana pada Madrasah harus digunakan dengan efektif dan seefisien mungkin untuk peningkatan kualitas pelayanan pendidikan pada madrasah ini, oleh sebab itu pelaporan keuangan sangat diperlukan. Pelaporan keuangan yang dimaksudkan untuk menyajikan secara menyeluruh aktivitas keuangan yang terjadi dan untuk mempertanggungjawabkan dana yang telah di peroleh sehingga ada transparansi terkait penggunaan dana untuk keberlangsungan pelaksanaan aktivitas belajar di Madrasah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan laporan keuangan serta menganalisis kesesuaian laporan keuangan Yayasan Pendidikan Tarbiyatussibyan Tanjung dengan Interprestasi Standar Akuntansi Keuangan ISAK 35. Dengan tujuan tersebut bisa untuk meningkatkan pemahaman tentang Interprestasi Standar Akuntansi Keuangan ISAK 35 dengan benar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkanna efisiensi dalam penyusunan laporan keuangan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana memuat temuan–temuan berdasarkan fenomena – fenomena yang terjadi pada tempat kerja atau tempat usaha sesuai dengan kenyataan kejadian yang terjadi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berisi riset yang bersifaat deskriptif menggunakan analisis. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari hasil observasi yang dilakukan secara langsung oleh peneliti, yang dilakukan dengan cara mewawancarai narasumber dengan dilakukannya mengajukan pertanyaan kepada pihak narasumber serta dokumentasi yang didapatkan berupa informasi mengenai laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan Tarbiyatussibyan Tanjung. Hasil penelitian ini adalah bahwa laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan Tarbiyatussibyan Tanjung masih belum menerapkan pedoman penyusunan dan pelaporan yang sesuai dengan standar laporan keuangan yang berdasarkan ISAK 35 yang digunakan sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan bagi yayasan yang tergolong dalam lembaga nirlaba. Meskipun belum menerapkan ISAK 35, yayasan tetap menjalankan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana sesuai dengan ketentuan yang ada, yaitu dengan menggunakan juknis dana bos sebagai acuannya. dengan pencatatan yang terperinci melalui berbagai buku pembantu dan pelaporan yang sesuai dengan juknis bantuan operasional sekolah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202095 YULIA ALFI RAHMATIN
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:25
Last Modified: 12 Sep 2024 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53198

Actions (login required)

View Item View Item