LATIFAH RUDIARTI, 12204183189 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS VIII-B DAN VIII-D MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (862kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Siswa Kelas VIII MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Latifah Rudiarti, NIM. 12204183189, Pembimbing Dr. Sutopo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Komunikasi Matematis Fenomena kemampuan komunikasi matematis menjadi permasalahan yang serius, sedangkan kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan dalam menyiapkan generasi muda berkarakter dalam mencapai tujuan pendidikan berdasarkan UU No 2 Tahun 1989 dengan tergantung pada proses belajar siswa baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Kemampuan komunikasi adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan gagasan matematika baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas VIII MTsN 3 Blitar, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis pada materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas VIII MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di MTsN 3 Blitar yang diikuti oleh siswa kelas VIII-B berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-D berjumlah 34 siswa. Dari kelas VIII-B 32 siswa dipilih 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi dan 2 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, sedangkan dari kelas VIII-D 34 siswa dipilih 2 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mengekspresikan ide-ide matematika, mampu mengevaluasi, dan menyajikan secara tulisan dan lisan, 2) kemampuan komunikasi matematis sedang mampu mengekspresikan ide-ide matematika, mampu mengevaluasi, dan menyajikan secara tulisan, namun masih kurang dalam menyampaikan secara lisan, 3) kemampuan komunikasi matematis rendah belum mampu mengekspresikan ide-ide matematika, belum mampu mengevaluasi, dan menyajikan secara tulisan dan lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183189 LATIFAH RUDIARTI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:06 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53256 |
Actions (login required)
View Item |