EFEKTIVITAS BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH REMAJA USIA SEKOLAH DALAM MENCEGAH PERKAWINAN ANAK (Studi Kasus di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung)

HARISMA ULFA CAHYANI, 12102193123 (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH REMAJA USIA SEKOLAH DALAM MENCEGAH PERKAWINAN ANAK (Studi Kasus di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Harisma Ulfa Cahyani, 12102193123, Efektivitas Bimbingan Perkawinan Pranikah Remaja Usia Sekolah Dalam Mencegah Perkawinan Anak (Studi Kasus di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung), Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Hj. Indri Hadisiswati, S.H., M.H. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Perkawinan Pranikah dan Perkawinan Anak Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya batasan usia tersebut diharapkan mengurangi terjadinya perkawinan anak. Seputar perkawinan anak, masih menjadi polemik, karena banyak ditemukan dampak negatif terkait dengan kesehatan reproduksi dan psikologis. Ketidaksiapan psikis penyandang status istri apalagi menjadi ibu kalau sudah dikaruniai anak. Tentunya banyak sekali faktor yang mendasari terjadinya perkawinan anak seperti pergaulan bebas, pengaruh tekhnologi, faktor ekonomi, adat istiadat dan paling banyak karena hamil di luar nikah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Usia Sekolah dalam Mencegah Perkawinan Anak di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung? 2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Usia Sekolah dalam Mencegah Perkawinan Anak di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah usia sekolah langkah yang sangat penting dalam upaya mencegah perkawinan anak. Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung memainkan peran yang krusial dalam hal ini. Bimbingan semacam itu memungkinkan para calon pengantin muda untuk memahami pentingnya kesiapan fisik, emosional, dan mental sebelum memasuki ikatan perkawinan. 2) Dengan pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah usia sekolah di Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung adalah langkah yang positif dalam mencegah perkawinan anak. Program yang diberikan oleh kementerian agama Tulungagung memberikan pendidikan dan pemahaman kepada remaja mengenai pentingnya menunda perkawinan hingga usia yang lebih matang serta mempersiapkan mereka secara mental dan emosional untuk menghadapi komitmen perkawinan. Sedangkan Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Usia Sekolah dalam Mencegah Perkawinan Anak di Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung salah satunya yakni Tantangan administratif, organisasional, dan logistik dalam mengimplementasikan program secara efektif, seperti kurangnya personel atau infrastruktur yang memadai, dapat menghambat pelaksanaan program.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Peradilan Islam > Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193123 HARISMA ULFA CAHYANI
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:23
Last Modified: 21 Sep 2024 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53343

Actions (login required)

View Item View Item