PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

MAYZURA SEPTIAN NUR IMAN, 126406202145 (2024) PENGARUH PENDAPATAN, LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Locus of Control dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan ( Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)”. ini ditulis oleh Mayzura Septian Nur Iman, NIM. 126406202145, Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, S. E., M. Sy. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang timbul yaitu kebanyakan mahasiswa saat ini tidak memiliki rasa tanggung jawab dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan keuangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) Pengaruh pendapatan, literasi keuangan, sikap keuangan, locus of control dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap perilaku keuangan mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2) Pengaruh pendapatan terhadap perilaku keuangan mahasiswa, 3) Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa, 4) Pengaruh sikap keuangan mahasiswa terhadap perilaku keuangan mahasiswa, 5) Pengaruh locus of control terhadap perilaku keuangan mahasiswa, 6) Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku keuangan mahasiswa Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden dari 432 mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2021 dan 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linnier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.2024 untuk mengukur pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, 2) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa manajemen keuangan syariah, 3) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa manajemen keuangan syariah, 4) Sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa manajemen keuangan syariah, 5) Locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa manajemen keuangan syariah, 6) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa manajemen keuangan syariah. Kata Kunci : Pendapatan, literasi keuangan, sikap keuangan, locus of control, dan gaya hidup, perilaku pengelolaan keuangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406202145 MAYZURA SEPTIAN NUR IMAN
Date Deposited: 21 Sep 2024 04:06
Last Modified: 21 Sep 2024 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53349

Actions (login required)

View Item View Item