LILIS SURYAWATI, 2811133129 (2017) PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (878kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (286kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Lilis Suryawati, NIM 2811133129, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag, NIP. 19620708 199803 1 001 Kata Kunci : Pembiasaan dan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangya kesadaran masyarakat islam akan pentingnya belajar terutama belajar Al-Qur’an. Selain itu, kurangnya pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an yang menjadikan masyarakat enggan mempelajarinya, padahal Al-Qur’an menjadi pedoman utama umat islam dalam menjalankan kehidupan di dunia. Al-Qur’an menjadi sumber dari semua pengetahuan yang ada didunia, baik kehidupan terdahulu maupun yang akan datang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara mendalam tentang Al-Qur’an karena Al-Qur’an tidak pernah menceritakan kebohongan untuk umat islam. Fokus penelitian adalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Tulungagung? 2) Bagaimana metode pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Tulungagung? 3) Mengapa diadakan pembiasaan tadarus Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an siswa, metode dalam pembiasaan membaca AlQur’an siswa dan mengapa kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an diadakan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut : 1) janis atau pola penelitian kualitatif, 2) sumber data: Narasumber, dan data sekolah, 3) teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi, 4) teknik analisis data adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) untuk melaksanakan pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi selama 15 menit, untuk hari jum’at melaksanakan khotmil Qur’an bagi kelas excellent dan kelas leguler membaca surah yasin, tahlil dan istiqosah 2) untuk metode yang digunakan yaitu metode punishment, metode penugasan, metode tutor sebaya, dan metode klasikal 3) untuk pertimbangan diadakan pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah dampak positif yang akan dirasakan dari membaca Al-Qur’an sangat besar dan sebagai upaya untuk mencapai visi dan misi sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 28111331 29 LILIS SURYAWATI |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 07:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5398 |
Actions (login required)
View Item |