PENERAPAN METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DARUL QURO’ PULEREJO BAKUNG BLITAR

IRMAWATI, 126201203255 (2024) PENERAPAN METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DARUL QURO’ PULEREJO BAKUNG BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Irmawati, 126201203255, “Penerapan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro’ Pulerejo Bakung Blitar”, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Metode Utsmani, Baca Tulis Al-Qur'an Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemui para ustadz/ah yang mengajarkan Al-Qur’an belum sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu seringkali dijumpai proses pembelajaran Al-Qur’an yang cenderung pasif, dimana santri kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran sehingga suasana pembelajaran terlihat monoton dan membosankan, hal inilah yang membuat kurang efektifnya sebuah pembelajaran. Salah satu metode alternatif yang dapat diterapkan untuk memberdayakan santri aktif dalam proses pembelajaran Al-Qur’an ialah dengan menerapkan metode utsmani, sebuah metode yang berawal dari penemuan-penemuan para ulama salaf terdahulu yang terkumpul dalam kitab Tajwidul Qur’an. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro’ Pulerejo Bakung Blitar, (2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro’ Pulerejo Bakung Blitar, (3) Bagaimana Evaluasi Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro’ Pulerejo Bakung Blitar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran metode utsmani di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' Pulerejo Bakung Blitar mengadopsi kurikulum pembelajaran di pondok Nurul Iman Garum Blitar, kualifikasi ustadz/ah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' harus sudah di tashih bacaannya oleh kiyai ahli al qur'an dan juga ustadz/ah sudah mengikuti program PGPQ, Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' memiliki target pembelajaran, Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' memiliki alat peraga dan alat penunjang pembelajaran, Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' memiliki pembagian jadwal kelas. (2) Pelaksanaan penerapan metode utsmani dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' Pulerejo Bakung Blitar adalah mempunyai alur pembelajaran pembukaan, inti, penutup. Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro' memiliki kegiatan tambahan tadarus Al-Qur’an. (3) Evaluasi Penerapan Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Quro’ Pulerejo Bakung Blitar dilaksanakan dengan dua macam yaitu, tes pelajaran harian dan tes kenaikan tashih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203255 IRMAWATI
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:46
Last Modified: 11 Oct 2024 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54007

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item