PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SITI ANISA’ RAHMI, 2817133181 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ini ditulis oleh Siti Anisa’ Rahmi NIM. 2817133181, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini M.A Kata Kunci: Make a Match, Hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa lemahnya pemahaman peserta didik tentang nilai ajaran Aqidah Akhlak, karena Aqidah dan Akhlak dapat memepengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku. Peserta didik menganggap Aqidah Akhlak sangat membosankan dan sangat menakutkan karena peserta didik harus menghafal, akibatnya mereka malas dan enggan untuk mempelajari Aqidah Akhlak. Sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah dan penugasan, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang baik. Peneliti menggunakan metode Make a Match, sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Pembelajaran menggunakan metode Make a Match ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan dan hasil belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan Metode Make a Match peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Make a Match peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaiamana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Make a Match peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama melalui metode Make a Match mata pelajaran Aqdah Akhlak materi Asmaul Husna peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan keaktifan melalui metode Make a Match mata pelajaran Aqdah Akhlak materi Asmaul Husna peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan hasil belajar melalui metode Make a Match mata pelajaran Aqdah Akhlak materi Asmaul Husna peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol sebagai acuan dalam menyusun program pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar Aqidah Akhlak dan memperbaiki dan meningkatnya mutu pembelajaran. Bagi peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan keaktifan, kerjasama dan hasil belajar pada pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan memberikan motivasi dalam belajar di kelas dan di luar kelas. Bagi pembaca/ peneliti lain sebagai tambahan wawasan pengetahuan tentang metode pembelajaran, sehingga pembaca tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus siklus, yang meliputi: Tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, yang terletak di desa Wates Kecamatan Sumbegempol Kabupaten Tulungagung. Khususnya dilaksanakan di kelas II dengan jumlah peserta didik 21 orang, dengan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, a merode make match sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak, dengan menggunakan metode Make a Match untuk menambah kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar diantara peserta didiknya. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan metode Make a Match, menunjukkan adanya peningkatan 1). Bahwa kemampuan kerjasama peserta didik meningkat dari Siklus I berjumlah 57 dengan taraf keberhasilan 76% dan kriteria taraf keberhasilan di katakan cukup dengan peningkatan pada siklus ke II dengan jumlah 69 dengan taraf keberhasilan 92% dan kriteria taraf keberhasilan di katakan sangat baik. 2). Bahwa kemapuan keaktifan peserta didik meningkat dari Siklus I berjumlah 58 dengan taraf keberhasilan 75% dan kriteria taraf keberhasilan di katakana cukup dengan peningkatan pada siklus II dengan jumlah 68 dengan taraf keberhasilan 91% dan kriteria taraf keberhasilan di katakan sangat baik. 3).Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai tes awal (pre test) peserta didik yang masih sangat kurang memuaskan dengan rata-rata 47,61 dengan persentase ketuntasan belajar 19%. Pada Post Test siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 61,90 dengan persentase ketuntasan belajar 761,91 %. Pada Post Test siklus II, rata-rata kelas meningkat menjadi 87,14 dengan persentase 95%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan Metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133181 SITI ANISA’ RAHMI
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:53
Last Modified: 11 Jul 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item