Korespondensi:Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Lina Muawanah, 1991031620161080 (2023) Korespondensi:Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. TARBAWI: Journal on Islamic Education, Ponorogo.

[img] Text
Artikel UMPO- Lina Muawanah tritin akhir.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Korespodensi Tarbawi Lina.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbaw...

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika yang masih rendah pembelajaran yang didesain kurang tepat dengan memasukkan konsep melalui hafalan menjadi sebab siswa kurang dapat menguasai materi bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian yaitu untuk membuktikan adanya perbedaan hasil belajar dengan materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Suruh dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (PT) dan pair check (PC). Metodologi yang digunakan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental, menggunakan desain Posttest-Only Control Group. Teknik sampling menggunakan Nonprobability dilakukan dengan Purposive Sampling pada kelas VIII A dan D yang berjumlah 83 siswa diterapkan model pembelajaran PC dan VIII B dan F yang berjumlah 85 siswa diterapkan model pembelajaran PC. Pengumpulan data melalui tes serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik uji T. Hasil penelitian berupa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar saat menggunakan model pembelajaran PT dibandingkan PC. Mean hasil belajar dengan model pembelajaran PT lebih tinggi dari pada PC. Kata Kunci: Hasil belajar, bangun ruang sisi datar, model pembelajaran, pair check, penemuan terbimbing

Item Type: Other
Subjects: Artikel Dosen
Jurnal
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 484 Lina Muawanah, M.Pd.
Date Deposited: 30 Oct 2024 10:29
Last Modified: 30 Oct 2024 10:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54406

Actions (login required)

View Item View Item