FIRA NUR HIDAYAH, 12212183016 (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (450kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri untuk Siswa SMA/MA” ini ditulis oleh Fira Nur Hidayah, NIM. 12212183016, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Inkuiri Terbimbing, Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Perkembangan era digitalisasi yang semakin pesat, membawa pengaruh pada berbagai sektor kehidupan. Salah satunya pada peran teknologi dalam dunia pendidikan yang ditunjukkan melalui inovasi bahan ajar. Penggunaan bahan ajar yang sesuai akan membantu peserta didik dalam memahami konsep yang abstrak seperti pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar cetak dirasa kurang mampu dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yakni mengembangkan bahan ajar modul interaktif dalam bentuk elektronik pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan e-modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri untuk siswa SMA/MA (2) Mendeskripsikan kelayakan e-modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri untuk siswa SMA/MA (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap e-modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri untuk siswa SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapan define, design, dan development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara kebutuhan belajar, angket karakteristik peserta didik, lembar validasi, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh dua dosen tadris kimia dan satu guru kimia MA Negeri 2 Lamongan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 MA Negeri 2 Lamongan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Produk bahan ajar dalam bentuk e-modul interaktif pada materi hukum dasar kimia dan stoikiometri yang dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, (2) Bahan ajar e-modul interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase hasil oleh ahli materi sebesar 93,9% dengan kategori sangat layak dan ahli media sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak, (3) Respon peserta didik pada bahan ajar e-modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing menunjukkan adanya respon yang baik dengan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia > Atom Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183016 FIRA NUR HIDAYAH |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 08:07 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54779 |
Actions (login required)
View Item |