EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK WECONO ASRI KEDIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PLEMAHAN

ZULIA LESTI, 1880512220010 (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK WECONO ASRI KEDIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PLEMAHAN. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (853kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (705kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Wecono Asri Kediri dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Plemahan” ini di tulis oleh Zulia Lesti, NIM. 1880512220010 dengan pembimbing I Dr. Ummu Sholihah, M.Si dan pembimbing II Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Etnomatematika, Batik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika di sekolah yang cenderung terlalu formal sehingga menjadikan peserta didik merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Untuk itu diperlukan siswa dikenalkan dengan matematika sekolah. Salah satu cara memperkenalkan peserta didik dengan matematika luar sekolah dengan menggunakan pendekatan etnomatematika sebagai awal dari pengajaran matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak salah satunya memperkenalkan budaya batik yang di dalamnya terdapat konsep matematika dikaitkan dengan proses pembelajaran matematika Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengeksplor konsep etnomatematika pada batik Wecono Asri Kediri, 2) Mendeskripsikan penyusunan LKPD berbasis etnomatematika batik Wecono Asri Kediri, 3) Untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis etnomatematika batik Wecono Asri Kediri terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Plemahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed method, kualitatif terlebih dahulu dilanjutkan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data secara kualitatif menggunakan observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data secara kuantitatif dengan sampel 32 siswa menggunakan tes, sedangkan analisis data menggunakan uji instrument yang meliputi uji validitas dan uji reliabiltas, dan untuk melihat ada pengaruhnya LKPD dalam hasil belajar menggunakan uji Paired Sample TTest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat konsep matematika di dalam batik Wecono Asri Kediri yaitu konsep geometri transformasi yang meliputi titik, garis, persegi, segitiga, lingkaran, translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi 2) Dalam penyusunan LKPD Etnomatematika terdapat beberapa langkah yang mulai dari melakukan analisis kurikulum, menyusun peta kebutuhan LKPD, menentukan judul LKPD sampai penulisan LKPD, 3) Ada pengaruh LKPD berbasis etnomatematika batik Wecono Asri Kediri terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai post test dan pretest.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220010 ZULIA LESTI
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:22
Last Modified: 25 Nov 2024 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54918

Actions (login required)

View Item View Item