Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Widodo, Lenggang Wahyu (2013) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI(1).pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN(4).pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover(3).pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kreativitas. Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif. Pada dasarnya, pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Peserta didik dituntut sebagai subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran adalah pendekatan matematika realistik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? 2). Adakah pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014. 2). Untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II MTs Assyafi’iyah Gondang tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sample diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dalam menganalisa hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS diperoleh menggunakan independent samples t-test, data hasil post test diperoleh nilai probabilitas (sig) = 0.001 < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada xvii pengaruh terhadap kreativitas belajar matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi luas permukaan, volume kubus dan balok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 19 Dec 2014 02:42
Last Modified: 19 Dec 2014 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item