FIKRI FAJRIN ALMAJID, 126304202080 (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA BORO BLITAR DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fikri Fajrin Almajid, NIM: 126304202080, 2024, Strategi Kepemimpinan Kepala Desa Boro Blitar Dalam Membangun Citra Positif, Program Studi: Komunikasi Penyiaran Islam, Jurusan: Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Clara Shinta Pratiwi, M. Sos. Kata kunci: Komunikasi, Kepemimpinan, Kepala Desa, Citra Positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan Kepala Desa dalam membangun citra diri di Desa Boro dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat strategi tersebut. Urgensi dari penelitian ini adalah karena citra kepemimpinan sangat penting bagi untuk membangun karakter dan persepsi masayarakat terhadap figur seorang pemimpin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Boro Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar dengan informan penelitian adalah kepala desa Boro yaitu Bapak Eko Priyono, perangkat desa Boro dan masyarakat. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya strategi kepemimpinan yang dilakukan kepala desa dalam membangun citra positif dibagi menjadi dua bentuk, yaitu; internal dan eksternal. Strategi internal dilakukan melalui rapat rutin dan pembekalan perangkat desa, yang menciptakan sinergi dan keselarasan visi. Sedangkan, strategi eksternal diwujudkan dalam musyawarah terbuka, blusukan, dan cangkruk bersama warga, bahkan kepala desa menyebarkan nomor pribadi sebagai bentuk transparansi. Melalui pendekatan ini, kepala desa di desa Boro berhasil membangun citra positif yang terbuka dan berjiwa sosial tinggi, sehingga masyarakat merasa nyaman dan mudah berkomunikasi dengan pemimpinnya. Kedekatan sosial antara kepala desa dan masyarakat, antusiasme warga, rekan kerja yang mendukung menjadi faktor pendukung utama. Faktor ini memudahkan kepala desa dalam menjalankan strateginya. Namun, beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan perbedaan latar belakang sosial masih menjadi tantangan dalam menjaga konsistensi strategi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Layanan Publik Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304202080 FIKRI FAJRIN ALMAJID |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 01:58 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 01:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |