BIBIN IMAM KALYUBI, 126402212097 (2024) STRATEGI PROMOSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada UMKM Tape Maharani Di Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Promosi dalam Perspektif Ekonomi Islam Guna Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UMKM Tape Maharani Tulungagung)” ini ditulis oleh Bibin Imam Kalyubi, NIM. 126402212097, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan bisnis diberbagai bidang saat ini termasuk UMKM sebagai penyangga utama perekonomian nasional selama masa krisis ekonomi. UMKM harus menjaga tren penjualannya agar selalu positif untuk bisa meningkatkan penjualan, penjualan dilakukan dengan berbagai cara termasuk promosi. Saat ini pentingnya nilai-nilai Islam dalam bebisnis kerap kali dilupakan termasuk dalam melakukan promosi. UMKM Tape Maharani Tulungagung sebagai salah satu UMKM yang telah melakukan penjualan ke berbagai daerah hingga luar negeri memenuhi kebutuhan peneliti yang meneliti tentang strategi promosi dalam perspektif ekonomi Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana strategi promosi yang dilakukan UMKM Tape Maharani saat ini dalam meningkatkan penjualan. (2) Bagaimana penerapan strategi promosi dalam perspektif Islam yang dilakukan UMKM Tape Maharani dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam memeriksa keabsahan temuan yaitu triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) UMKM Tape Maharani menggunakan beberapa bentuk strategi promosi antara lain; social advertising, penjualan tatap muka/perseorangan, sales promotion, dan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth). (2) strategi promosi yang dilakukan oleh UMKM Tape Maharani Tulungagung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah seperti mempromosikan tidak melebih-lebihkan, tidak menerapkan potongan harga namun menggunakan intensif berupa barang dan kualitas barang yang dibuktikan dengan word of mouth dari pelanggannya. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Perspektif Ekonomi Islam, Penjualan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Entrepreneur Ekonomi > Jual Beli Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402212097 BIBIN IMAM KALYUBI |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:00 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 08:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |