AFFA PRISTIANDARI, 12212193033 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF KIMIA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI IKATAN KIMIA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Kimia Berbasis Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia” ini ditulis oleh Affa Pristiandari, NIM: 12212193033, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ali Amirul Mu’minin. M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik (E-Modul), Multipel Representasi, Ikatan Kimia Pelajaran kimia sebagai sesuatu yang dianggap sulit bagi peserta didik, ditandai dengan sikap pasif terhadap penerimaan materi, kecenderungan menghafal daripada memahami atau menghubungkan materi yang diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu materi dalam ilmu kimia di SMA adalah ikatan kimia. Topik ikatan kimia memiliki ciri yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Oleh karena itu, modul elektronik (e-modul) interaktif kimia berbasis multiple representation pada materi ikatan kimia dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang praktis dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembuatan e-modul interaktif kimia berbasis multiple representation pada materi ikatan kimia; (2) mengetahui kelayakan e-modul interaktif kimia berbasis multiple representation pada materi ikatan kimia; (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan e-modul interaktif kimia berbasis multiple representation pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Tahapan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket peserta didik untuk mengetahui respon terhadap penggunaan produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media yang merupakan 2 dosen kimia dan 1 guru kimia di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Subjek uji coba terbatas dilakukan terhadap 22 peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMAN 1 Gondang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) modul elektronik (e-modul) yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Power Point, Microsoft Word, Canva, Assmblr Studio, dan Flip PDF Heyzine dan bermuatan multipel representasi pada materi ikatan kimia; (2) modul elektronik (e-modul) dinyatakan valid/layak oleh validator dengan mendapat persentase sebesar 76,9% pada aspek materi, sementara pada aspek media mendapatkan persentase sebesar 69,5%; (3) respon peserta didik terhadap modul elektronik (emodul) mendapatkan respon kriteria baik dengan dibuktikan hasil persentase ratarata sebesar 71%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193033 AFFA PRISTIANDARI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:32 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |