WAFIQ ABDILLAH FAKHRI, 126201203258 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menumbuhkan Religiusitas Peserta Didik Kelas VII di Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ditulis oleh Wafiq Abdillah Fakhri, NIM 126201203258, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr, Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Religiusitas Pembentukan karakter yang Religius sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memprihatinkan. Pembentukan karakter yang baik, salah satunya sikap religius pada usia madrasah tsanawiyah harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh, karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan perencanaan yang matang melalui pembelajaran aktif dikelas dan pembiasaan sehari hari dalam menerapkan kegiatan religious ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi pengorganisasian guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana Strategi penyampaian guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Bagaimana Strategi pengelolaan guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar? Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan penyampaian guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan pengelolaan guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability) Hasil penelitian ini adalah: (1) Guru Al-Qur’an Hadits di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar memiliki strategi pengorganisasian pembelajaran dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII menggunakan metode diskusi kelompok dan tanya jawab, guru memiliki rancangan dalam proses pengorganisasian ini yang terdiri dari beberapa tahap yakni, guru mempersiapkan bahan diskusi, guru membentuk kelompok, guru mempersiapkan lembar kerja peserta didik, guru mempersiapkan alat dan media pembelajaran, guru memberikan batasan waktu diskusi. Guru melakukan pengorganisasian dengan membuat peserta didik kelas VII untuk aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits ini. (2) Guru memiliki beberapa tahap dalam strategi penyampaian pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik kelas VII. Tahap pertama, ketika kegiatan diskusi berlangsung, guru mendatangi setiap kelompok dengan membawa penjelasan singkat terkait materi yang sedang dipelajari dan guru selalu siap menjawab ketika ada peserta didik yang bertanya. Tahap kedua, ketika kelompok sedang presentasi, guru membantu anggota kelompok untuk aktif dalam diskusi dan guru memberikan perintah untuk mendengarkan teman yang presentasi. Tahap ketiga, guru membagikan kertas portofolio yang mana kertas tersebut digunakan oleh peserta didik untuk menuliskan kegiatan sehari hari dalam penerapan religiusitas ini sesuai Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. (3) Guru Al-Qur’an Hadits di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar memiliki strategi pengelolaan pembelajaran dalam menumbuhkan religiusitas peserta didk kelas VII. Selain menggunakan metode diskusi kelompok dan tanya jawab guru Al-Qur’an Hadits melakukan kegitan pembiasaan dan evaluasi dalam proses penumbuhan religious ini. Program pembiasaan yang dilakukan MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar berupa pembiasaan secara rutin melalui kegiatan religious. Kegiatan religius diantaranya salat berjamaah, menghafal surah pendek, tilawati Al-Qur’an dan penerapan hadits dalam kehidupan sehari hari. Adanya pembiasaan secara rutin menumbuhkan pembiasaan secara spontan seperti mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu gurunya. Guru Al-Qur’an Hadits juga melakukan evaluasi terhadap pembiasaan peserta didik baik pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Evaluasi selain untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan proses belajar dan pembiasaan peserta didik, evaluasi juga sebagai umpan balik guru kepada bagi peserta didik sebagai penguatan materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203258 WAFIQ ABDILLAH FAKHRI |
Date Deposited: | 05 May 2025 08:34 |
Last Modified: | 05 May 2025 08:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |