Puspitasari, Lilik (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI LILIK PUSPITASARI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Problem Posing, Hasil Belajar, Matematika, Himpunan. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Padahal kesulitan yang dihadapi oleh siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara baik. Kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran di kelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, kurang tepatnya model pembelajarn yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang dicapainya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir untuk memahami materi pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing?, (2) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014? dan (3) seberapa besar pengaruh model pembelajarn problem posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pemebelajaran problem posing, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, (2) jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, (3) teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah populasi dan sampel yang sama yaitu 40 siswa yang berasal dari kelas VII A dan VII B, (3) sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas VII A dan VII B dan data sekunder yang berasal dari hasil observasi dan dokumentasi (4) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan instrumen post test, (5) teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan (6) prosedur dalam penelitian ini melalui tahap persiapan penelitian mulai mengajukan judul sampai penyampaian surat izin penelitian ke lokasi penelitian dan tahap pelaksanaan penelitian mulai dari penyiapan instrumen penelitian, pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol dan kelas eksperimen, pemeberian post test, pengumpulan data, analisis data, interpretasi data hingga penarikan kesimpulan. Setelah peneliti melakukan penelitian dan memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai (thitung = 3,226 > ttabel = 2, 025) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak, Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Adapun besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampak, Trenggalek semester genap tahun pelajaran 2013/2014 adalah 18,42%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 06:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57 |
Actions (login required)
View Item |