AGOESTIN PUTRI CEMPAKASARI, 12305193050 (2023) MEMBANGUN NATION BRAND INDONESIA DALAM AGENDA PRESIDENSI G20 MELALUI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER ‘MAUDY AYUNDA’. [ Skripsi ]
![]() |
Text
MEMBANGUN NATION BRAND INDONESIA DALAM AGENDA PRESIDENSI G20 MELALUI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER ‘MAUDY AYUNDA’.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Nation branding merujuk pada usaha suatu negara dalam membangun, mengelola, dan mempromosikan citra positifnya secara global. Tujuannya adalah meningkatkan daya tarik negara tersebut sebagai destinasi investasi, pariwisata, perdagangan, dan dalam hubungan diplomatik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Resepsi Khalayak terhadap upaya pembangunan nation branding Indonesia dalam Agenda Presidensi G20 melalui penggunaan Key Opinion Leader Maudy Ayunda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis resepsi dari Stuart Hall. Pada penelitian ini, khalayak memiliki kesempatan untuk mempresepsikan dan memproduksi makna mengenai pembangunan Nation Branding Indonesia yang ditampilkan melalui foto dalam akun instagram @maudyayunda. Hasil penelitian menunjukan bahwa khalayak mampu memaknai upaya pembangunan nation branding yang dilakukan Maudy Ayunda melalui unggahan Instagram Maudy Ayunda. Dari hasil wawancara yang dilakukan pada kategori resepsi Stuart Hall, informan cenderung pada kategori Dominant Hegemonic yakni suatu kondisi dimana khalayak secara penuh menerima dengan baik apa yang dilihat dan disampaikan, dan yang disampaikan oleh pembuat pesan tersebut. Kata kunci: G20; Indonesia; Key Opinion Leader; Maudy Ayunda; Nation branding
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 12305193050 AGOESTIN PUTRI CEMPAKASARI |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:39 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |