PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI MI DARUL ULUM POJOK PONGGOK BLITAR

AHMAD KHOIRUL MUFIDA, 126205201062 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI MI DARUL ULUM POJOK PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar” Yang ditulis oleh Ahmad Khoirul Mufida, NIM 126205201062, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP Kata Kunci: Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Pendidikan berperan penting bagi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, hal ini berkaitan dalam pengetahuan, keterampilan, dan moral yang baik. Dari semua itu suatu cara untuk mencapai tujuan yang kita inginkan oleh karena itu proses pembelajaran yang efektif itu sangat diperlukan dalam proses pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu metode dalam pembelajaran, salah satu metode ini berbentuk model pembelajaran yaitu model kooperatif tipe think pair share. Model ini mendorong peserta didik untuk berinteraksi dan diskusi antar peserta didik lainnya hal ini diharapkan memberikan hasil atau bukti bahwa model tipe think pair share dapat meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar.(2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair-Share dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Dalam peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data dengan menguraikan fokus dalam penelitian ini menjadi lebih rinci, kemudian menyajikan data dan verifikasi data Hasil dari penelitian skripsi ini antara lain (1) Pelaksanaan penerapan model kooperatif tipe think pair share guru menyiapkan RPP sebelum melakukan pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. (2) Pada pelaksanaan penerapan model kooperatif tipe think pair share, peserta didik terlihat antusias di setiap fase model. Fase Think peserta didik mengasah kemampuan berpikir secara mandiri. Fase Pair meningkatkan interaksi terhadap sesama teman atau pasangannya untuk bersosial. Fase share melatih keterampilan berbicara di depan umum untuk mengungkap kan dari hasil diskusi. (3) Pada penerapan model TPS membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mendorong untuk lebih aktif dalam diskusi, hingga dapat meningkatkan pemahaman materi dan mengembangkan keterampilan sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201062 AHMAD KHOIRUL MUFIDA
Date Deposited: 08 May 2025 06:51
Last Modified: 08 May 2025 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57113

Actions (login required)

View Item View Item